Sukses

7 Fakta Terkait Kecelakaan Kereta Api di Lumajang, KA Probowangi Tabrak Minibus

Kecelakaan maut terjadi pada kereta api Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya tabrak minibus terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu malam 19 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kecelakaan maut terjadi pada Minggu malam 19 November 2023. Kecelakaan maut tersebut terjadi pada kereta api Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya tabrak minibus terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Akibat kecelakaan kereta api di Lumajang itu 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Senin dini hari 20 November 2023.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," kata Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo, Senin 20 November 2023.

Sementara itu menurut Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, sebanyak 11 orang meninggal dunia dan seluruhnya adalah pengguna dari minibus elf tersebut. Sementara, seluruh penumpang KA 266 Probowangi dalam kondisi selamat.

Adapun kecelakaan kereta tersebut terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah. Kemudian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dan KA Probowangi terjadi pada pukul 19.53 WIB.

"Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah hari ini pukul 19.53 WIB," ujar Didiek mengutip dari Antara.

Meski begitu, Polres Lumajang belum menetapkan tersangka dalam kecelakaan maut Kereta Api Probowangi versus minibus elf bernomor polisi N 7646 T yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia dan empat orang luka berat pada Minggu 19 November 2023. Saat ini proses pemeriksaan di kepolisian masih berjalan terus.

Berikut sederet fakta terkait kecelakaan maut kereta api Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya tabrak minibus terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu malam 19 November 2023 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Sebanyak 11 Orang Tewas Akibat Kecelakaan, Korban Dilarikan ke RSUD

Kecelakaan maut kereta api Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya tabrak minibus terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu malam 19 November 2023.

Akibat kecelakaan maut itu 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Senin dini hari 20 November 2023.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," kata Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo, Senin 20 November 2023.

Kemudian menurut Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, sebanyak 11 orang meninggal dunia dan empat orang luka-luka. Dia menyebutkan sebanyak 11 orang meninggal dunia dan seluruhnya adalah pengguna dari minibus elf tersebut. Sementara, seluruh penumpang KA 266 Probowangi dalam kondisi selamat.

Adapun kecelakaan kereta tersebut terjadi di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah. Kemudian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dan KA Probowangi terjadi pada pukul 19.53 WIB.

"Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung-Stasiun Klakah hari ini pukul 19.53 WIB," ujar Didiek mengutip dari Antara.

 

3 dari 8 halaman

2. Identitas Korban Meninggal dan Luka Berat

Kereta Api KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya menabrak minibus di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu malam 19 November 2023. Akibat kecelakaan kereta tabrak mobil tersebut, 11 orang dinyatakan meninggal dunia.

Pihak Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang mendata identitas korban kecelakaan maut itu, yang semuanya ada di kendaraan mikrobus Isuzu Elf dengan nomor polisi N-7646-T itu.

"Ada 11 korban meninggal dan empat orang mengalami luka berat akibat kejadian kecelakaan tersebut," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang AKBP Agus Gede Made Artha dalam keterangan tertulis, Senin 20 November 2023.

Menurutnya korban meninggal dunia yang berada di Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD dr Haryoto Lumajang, antara lain:

  1. Tn. Riyono / Babatan, Surabaya
  2. Ny. Yelis agustiana / Dukuh Pakis, Surabaya
  3. Tn. Gatot hari cahyono / Gubeng, Surabaya
  4. Tn. Nur Muhamad/ Karang Pilang, Surabaya
  5. Ny. Sunarti / Pakis, Surabaya
  6. Ny. Sri Rahayu/ Simom Mulyo Baru, Surabaya
  7. Tn. Edi Sugianto/ 57 Thn/ Pakis Gunung Sawahan, Surabaya
  8. Ny. Titik ristianti/ 55 Thn/ Putat Jaya C Timur, Surabaya
  9. Tn. Suyono / 55 Thn/ Tandes, Surabaya
  10. Belum teridentifikasi
  11. Belum teridentifikasi.

Sementara data korban yang mengalami luka berat mendapat perawatan di RSUD dr. Haryoto Lumajang, antara lain:

  1. Tn. Warsito / 60 Thn / Banyu Urip Wetan, Sawahan, Surabaya
  2. Tn. Bayu Trinanto /58 Thn/ Kembang Kuning Kulon Sawahan, Surabaya
  3. Ny. Ardhika / 57 Thn/ Perumahan Grand Hasanah, Surabaya
  4. Cucu dari Ny. Sri Rahayu / -/+ 8 Thn/ Simo Mulyo Baru, Surabaya.

"Petugas sudah mendatangi dan olah tempat kejadian perkara, kemudian mengevakuasi korban hidup, dan mengidentifikasi korban meninggal. Seluruh korban berada di RSUD dr. Haryoto Lumajang," tutur Agus.

 

4 dari 8 halaman

3. Kronologi Lengkap Kecelakaan Maut

Pelaksana Harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prasetyo menyatakan, tragedi bermula saat Kereta Api Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya melaju dari arah timur ke berat (Surabaya).

Tepat saat melintas di perlintasan tanpa palang pintu di di Desa Ranupakis, Lumajang, sebuah minibus dengan Nopol N 7646 T melintas dari arah Selatan ke utara, melintas. Braakk... benturan pun tak terhindarkan. Mobil yang mengangkut belasan penumpang itu dihantam KA Probowangi yang tengah melaju kencang di jalurnya.

"Masinis sudah membuyikan klakson lokomotif, namun tiba- tiba mobil muncul dari arah samping tanpa berhenti terlebih dahulu, tapi langsung menembus rel kereta api," ujar Anwar Yuli Prasetyo, Senin 20 November 2023.

Menurut dia, setelah kejadian tersebut, masinis sempat menghentikan kereta api untuk memeriksa rangkaian. Setelah dipastikan aman, masinis kembali melanjutkan perjalanan ke stasiun selanjutnya, dan melaporkan kejadian tersebut.

"KA Probowangi sempat berhenti saat insiden tersebut karena masinis mengecek lokomotif dan rangkaian, setelah dinyatakan aman untuk perjalanan maka kereta tersebut melanjutkan perjalanannya pada pukul 20.06 WIB," ucap Anwar.

Petugas pun langsung menuju ke lokasi kecelakaan kereta api untuk melakukan proses evakuasi.

"Bangkai minibus sudah berhasil kita evakausi menjauh dari rek kereta. Sehingga perjalan kereta api kembali normal," kata Anwar.

Akibat kecelakaan maut itu 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr Haryoto Lumajang, Senin dini hari.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," ungkap Anwar Yuli Prastyo.

Menurutnya petugas kembali melakukan pengecekan ulang KA Probowangi di Stasiun Probolinggo untuk memastikan rangkaian kereta untuk keselamatan penumpang dalam melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

"KA Probowangi terlambat tiba di stasiun Probolinggo dan stasiun lainnya sekitar 13 menit akibat insiden kecelakaan tersebut, namun kondisi rel di lokasi kecelakaan tetap bisa dilalui oleh kereta api," kata Anwar.

 

5 dari 8 halaman

4. Polisi Belum Tetapkan Tersangka, Seluruh Korban Sudah Teridentifikasi

Polres Lumajang belum menetapkan tersangka dalam kecelakaan maut Kereta Api Probowangi versus minibus elf bernomor polisi N 7646 T yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia dan empat orang luka berat pada Minggu 19 November 2023.

Saat ini proses pemeriksaan di kepolisian masih berjalan terus.

"Kami belum menetapkan status, sopir masih sebagai saksi dan yang bersangkutan juga dalam kondisi trauma, sehingga dilakukan perawatan di RS Bhayangkara Lumajang," kata Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson S.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan proses pemeriksaan terhadap empat orang saksi pada Minggu (19/11) malam dan pada Senin ini kembali melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi lainnya.

"Nanti kami akan melihat perkembangannya seperti apa untuk menindaklanjuti perkara kecelakaan itu dan olah tempat kejadian perkara (TKP) sudah dilakukan juga setelah kecelakaan maut tersebut terjadi," tuturnya.

Dari olah TKP itu, lanjut dia, diketahui mobil minibus Elf terseret sampai 50 meter dari perlintasan sebidang tersebut yakni tepatnya di Kilometer 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung - Stasiun Klakah, di Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah.

"Hari ini kami lakukan olah TKP lanjutan yang dibantu Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Ditlantas Polda Jawa Timur serta Direktorat Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur," kata Boy.

Kepala RS Bhayangkara Lumajang AKBP Agus Gede Made Artha mengatakan, seluruh korban sudah teridentifikasi, baik yang meninggal dunia maupun mengalami luka berat yang mendapat perawatan di rumah sakit.

"Dari 11 jenazah tersebut, 10 jenazah diantaranya sudah dipulangkan ke rumah duka di Kota Surabaya, sedangkan satu jenazah atas nama Sri Rahayu masih berada di Instalasi Pemulasaran Jenazah RSUD dr Haryoto Lumajang," jelas Agus.

Untuk korban yang mengalami luka berat sebanyak empat orang mendapatkan perawatan intensif di ICU RSUD dr Haryoto Lumajang dan RS Bhayangkara Lumajang.

Sebuah minibus Elf bernomor polisi N 7646 T tertabrak KA Probowangi di perlintasan kereta api tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu (19/11) pukul 19.53 WIB yang mengakibatkan 11 orang penumpang mini bus meninggal dunia dan empat orang mengalami luka berat.

 

6 dari 8 halaman

5. Pemkab Lumajang Kerahkan Ambulans Pulangkan 11 Korban Tewas

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Lumajang mengerahkan mobil jenazah atau ambulans untuk membantu pemulangan jenazah korban tewas tabrakan maut minibus elf dengan Kereta Api Probowangi.

Diketahui ada 11 korban meninggal dunia dan empat korban mengalami luka berat akibat kecelakaan tersebut.

Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni atau Yuyun mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan fasilitas pemulangan jenazah korban laka dan akan membantu biaya perawatan untuk korban yang menderita luka berat akibat kecelakaan maut tersebut.

“Terkait dengan proses penanganan jenazah sampai pemulangan termasuk korban yang luka berat kami pun memberikan bantuan perawatan sepenuhnya ditangani oleh pemerintah kabupaten Lumajang,”ujar Yuyun, Senin 20 November 2023.

Yuyun mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya para korban. Dia berharap dan berdoa untuk korban yang mengalami luka berat segara pulih kembali.

 

7 dari 8 halaman

6. Perjalanan Kereta Sempat Terlambat

Kereta Api atau KA Probowangi tabrak mobil di wilayah Lumajang, Jawa Timur yang menimbulkan korban jiwa. Sementara itu, perjalanan KA juga menjadi terganggu sekitar 13 menit.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, kejadian kereta api tabrak mobil tersebut menimbulkan 11 korban jiwa dari penumpang minibus. Sementara, penumpang KA Peobowangi dalam kondisi selamat dan perjalanan dilanjutkan kembali setelah terhenti 13 menit.

"KAI prihatin dan menyesalkan kejadian tersebut, serta menyampaikan ucapan turut belasungkawa kepada para keluarga korban," ujar Didiek dalam keterangannya.

Diketahui, kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang - Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di km 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung - Stasiun Klakah pada Minggu 19 November 2023, pukul 19.53 WIB.

 

8 dari 8 halaman

7. Jasa Raharja Beri Santunan Seluruh Korban

PT Jasa Raharja menjamin semua korban dari peristiwa kecelakaan akibat sebuah mobil minibus elf tertabrak kereta api (KA) Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Minggu, 19 November 2023. 11 korban meninggal dan empat orang luka berat akibat kecelakaan tersebut mendapatkan santunan.

"Jasa Raharja telah melakukan koordinasi dengan Unit Laka Lantas Polres Lumajang dan memastikan semua korban dari peristiwa laka lantas tersebut dijamin oleh Jasa Raharja baik korban yang meninggal dunia maupun yang dirawat di rumah sakit," ujar Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur, Tamrin Silalahi seperti dikutip dari Antara.

Tamrin menuturkan, Jasa Raharja telah menghubungi pihak keluarga koban bagi korban yang meninggal dunia dan memastikan penyerahan santunan kepada ahli waris korban atas nama Sulis Agustina, Sri Rahayu, Nur Muhammad dan Titik Ristianti. Kemudian Suyono, Edi Sugianto, Sukarnoto, Riono, Gatot Hari Cahyono, Sumarti dan Ana Mariyana.

Untuk korban luka-luka atas nama Warsito, Bayu Trinanto, Ardika dan Alena yang dirawat di RSUD Lumajang, pihaknya telah menerbitkan Surat Jaminan (Guanratee Letter) memastikan biaya perawatan korban ditanggung oleh Jasa Raharja.

"Santunan korban meninggal dunia sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 16 Tahun 2017 sebesar Rp 50 juta, sementara santunan biaya perawatan maksimal Rp 20 juta," jelas Tamrin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.