Sukses

Prabowo Bangga Banyak Anak Muda di Unhan Berkuliah dengan Beasiswa Hasil Mandiri

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membanggakan capaian anak muda Indonesia yang berkuliah di Universitas Pertahanan atau Unhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membanggakan capaian anak muda Indonesia yang berkuliah di Universitas Pertahanan atau Unhan.

Menurut Prabowo, mahasiswa baru Unhan atau yang dipanggil dengan Kadet dapat berkuliah di Unhan dengan jalur beasiswa penuh yang didapat dari jalur mandiri.

"Saya merasa bangga kepada anak-anak muda ini. Mereka merupakan kadet dari kementerian kami, Universitas Pertahanan dan merupakan penerima beasiswa penuh (full scholarship),” kata Prabowo dalam acara Gala Dinner ASEAN Defence Ministers Meeting Plus 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (16/11) malam, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Jumat (17/11/2023).

Kebanggaan Prabowo diakui makin berlipat ganda usai tahu para kader yang berkuliah dengan jalur beasiswa berasal dari wilayah terpencil di Indonesia.

Calon presiden nomor urut dua ini menilai, hal itu adalah perjuangan yang tidak mudah karena daerah terpencil di Indonesia memiliki keterbatasan akses dan informasi.

"Saya merasa sangat bangga kepada mereka, karena banyak dari mereka yang berasal dari daerah-daerah terpencil di Indonesia," sambungnya.

"Mereka dapat masuk ke Universitas Pertahanan ini semata-mata karena kemampuan mereka sendiri. Jadi, saya sangat bangga kepada mereka," imbuh Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suguhkan Penampilan Orkestra

Selain bangga akan keberhasilan mereka untuk bisa mendapatkan beasiswa, Prabowo juga bangga akan kemampuan mereka dalam menyuguhkan penampilan orkestra yang apik pada acara Gala Dinner ADMM Plus malam itu.

Para kadet mahasiswa Unhan itu, kata Prabowo, memang diminta untuk memainkan instrumen musikal.

“Saya sangat penasaran ketika mereka diminta (untuk bermain instrumen musikal) karena banyak dari mereka yang datang dari desa-desa kecil di wilayah Indonesia. Tetapi, mereka bisa memainkan instrumen klasik," ujar penisunan militer bintang tiga ini.

Atas penampilan memukau yang diberikan oleh kadet mahasiswa Unhan, Prabowo berharap para menhan dan delegasi negara yang hadir dapat menikmatinya.

"Saya berharap, Anda semua dapat mengapresiasi penampilan mereka," dia memungkasi.

 

3 dari 3 halaman

Inisiator Pendidikan S-1 Unhan

Sebagai informasi, para Kadet yang tampil pada Gala Dinner ini merupakan penerima beasiswa pendidikan S-1 dari Unhan. Diketahui, jalur S-1 Unhan didirikan pada tahun 2020 dan merupakan inisiasi dan arahan langsung dari Prabowo.

Kebijakan ini diambil sebagai salah satu langkah Prabowo dalam mempersiapkan sumber daya nasional pertahanan yang mampu merespons setiap dinamika ancaman kini dan di masa depan.

Universitas yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan ini memiliki jenjang pendidikan S-1 dengan empat fakultas yakni Fakultas Kedokteran Militer; Fakultas Farmasi Militer; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Militer; serta Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.