Sukses

Jokowi Beri Presiden FIFA Tanda Kehormatan, Ini Syarat WNA Bisa Dapat Bintang Jasa

Presiden Jokowi memberikan anugerah tanda kehormatan bintang jasa pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino. Penganugerahan bintang jasa kepada Presiden FIFA oleh Jokowi ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Penganugerahan Bintang Budaya kepada Presiden FIFA dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 70/TK tahun 2023 tentang Penghormatan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama.

Mengacu Undang Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, disebutkan bahwa Warga Negara Asing (WNA) juga dapat menerima tanda kehormatan tersebut.

Namun WNA yang akan mendapatkan tanda kehormatan harus memenuhi kesetaraan hubungan timbal balik kenegaraan; dan/atau berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia.

"Tanda Jasa dan/atau Tanda Kehormatan dapat diberikan kepada WNA," bunyi Pasal 38 ayat (1) UU 20/2009.

Sebelumnya, Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan yang membacakan penganugerahan itu menyebut bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino berjasa dalam bidang olahraga yang bermanfaat bagi Indonesia.

"Menganugerahkan Bintang Jasa Pratama kepada Gianni Infantino sebagai penghargaan atas jasa-jasa yang besar di suatu bidang yang bermanfaat bagi kebesaran bangsa dan negara di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan membacakan isi Keppres.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi mulanya bakal menganugerahkan tanda kehormatan kepada Presiden Federasi Sepak bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino pada Oktober 2023.

Seharusnya, penyerahan tanda kehormatan kepada Gianni Infantino bersamaan dengan penyerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada Wishnutama Kusubandio selaku penggiat seni. Namun ia tidak dapat menghadiri penyerahan sehingga tanda jasa baru diberikan hari ini.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat Bintang Jasa, Presiden FIFA: Ini Sangat Spesial

Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang telah memberikan penghargaan tanda kehormatan bintang jasa kepadanya. Infantino mengatakan penghargaan ini sangat spesial untuknya.

"Ini merupakan kehormatan bagi saya menerima penghargaan ini. Penghargaan yang sangat spesial untuk saya. Ini merupakan yang pertama kalinya (mendapat penghargaan seperti ini)," jelas Gianni Infantino usai mendapat penghargaan di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Dia menuturkan, penghargaan tersebut bukan hanya kebanggaan baginya, namun juga untuk FIFA dan dunia sepakbola. Infantino juga mengapresiasi masyarakat Indonesia sebagai salah satu negara pecinta sepak bola.

"Kita tidak hanya untuk bermain dan menikmati permainan terbaik para pemain muda dunia di Piala Dunia FIFA U-17 yang dimulai hari ini untuk pertama kalinya di Indonesia," ujarnya.

Infantino menyampaikan Indonesia akan menjadi salah satu negara sepak bola yang terkemuka tidak hanya di Asia Tenggara, namun juga di Asia dan juga dunia. Menurut dia, Indonesia juga memiliki kapasitas dan semangat untuk mengembangkan sepak bola.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah dengan federasi harus bekerja sama mengembangkan sepak bola dan membuat masyarakat semakin mencintai olahraga ini.

3 dari 3 halaman

Kelakar Presiden FIFA Usai Dapat Penghargaan: Sekarang Saya Orang Indonesia

Presiden Federesasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino berkelakar bahwa dirinya kini sudah menjadi orang Indonesia setelah mendapat penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Jokowi.

Hal ini disampaikan Gianni Infantino usai menerima penghargaan tersebut di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

"Indonesia merupakan negara yang penting di Asia Tenggara dengan 280 juta penduduk plus satu penggemar sepak bola, karena sekarang saya orang Indonesia, jadi bertambah satu orang," kata Infantino dikutip kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/11/2023).

Infantino menyampaikan, rasa terima kasih atas tanda kehormatan yang dianugerahkan langsung oleh Presiden Jokowi kepadanya.

"Ini merupakan sebuah kehormatan dan juga perasaan yang juga tentunya saya bagikan kepada seluruh komunitas sepak bola di seluruh dunia, tim sepak bola seluruh dunia, tim olahraga, dan Indonesia merupakan negara sepak bola negara pecinta sepak bola," tutur Infantino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini