Sukses

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Angkatan Muda Perjuangan Gelar Dialog dan Lomba Lukis

Ketua Umum AMP, Firman Mahmudi mengatakan bahwa refleksi ini dilaksanakan untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan persatuan dan kesatuan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut Hari Sumpah Pemuda, ratusan anggota Angkatan Muda Perjuangan (AMP), menggelar "Dialog Refleksi Sumpah Pemuda", lomba lukis dan pembacaan ikrar di Cisadane River Park, Cisauk, Kab. Tangerang, Sabtu, (28/10/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri dan didukung oleh beberapa komunitas relawan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD serta komunitas seni rupa Tangerang raya.

Ketua Umum AMP, Firman Mahmudi mengatakan bahwa refleksi ini dilaksanakan untuk mengingat kembali semangat perjuangan para pemuda Indonesia dalam memperjuangkan persatuan dan kesatuan di Indonesia, yang memiliki beragam Suku, Agama, Ras dan Antar golongan.

"Hari sumpah pemuda menjadi momentum penting bagi generasi muda untuk merenung dan melakukan refleksi atas nilai – nilai yang dijunjung tinggi oleh para pemuda terdahulu, karena momentum itulah, kami generasi muda sekarang bisa menikmati hasilnya" ujar Firman.

Acara dirangkai dengan kegiatan atraktif dan kreatif seperti dialog bertemakan refleksi sumpah pemuda, yang menghadirkan tokoh agama dan budayawan setempat, kegiatan lomba melukis, pembacaan teks Sumpah Pemuda dan ikrar kepemudaan.

Firman menambahkan, bahwa pemuda saat itu bergerak karena memiliki semangat dan dorongan yang kuat untuk memerdekakan bangsa ini, mereka berkeinginan agar Indonesia menjadi bangsa yang Bersatu dan berdaulat.

"Dengan momentum sumpah pemuda, kita harus mengingat bahwa untuk meraih hal besar kita harus juga berbuat besar, perjuangan pemuda saat itu tidak dibarengi dengan bantuan dan dukungan yang memadai, tapi semangat dan optimisme yang kokoh, akhirnya lahir sumpah pemuda" ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemuda Ujung Tombak Bangsa

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Jimmy Simanjuntak, SH., MH. Selaku Dewan Pembina AMP. Menurut Jimmy, Pemuda adalah ujung tombak bangsa ini, karenanya pemuda harus memilik mental perjuangan yang dapat diandalkan.

“Pemuda itu harus kuat, berjuang untuk menjaga bangsa ini, kesuksesan perjuangan angkatan muda kita pada tahun 1928 lalu, mereka menyatukan pikiran dan tenaganya untuk membela dan memperjuangkan bangsa Indonesia” ucap Jimmy.

Jimmy yang juga Caleg DPR RI Dapil Banten III ini memberikan apresiasi kepada AMP karena melakukan rangkaian kegiatan refleksi sumpah pemuda kali ini, sebagai bentuk perjuangan anak muda saat ini, untuk Indonesia yang lebih maju.

“Komunitas – komunitas apapun yang ada dan eksis, harus diapresiasi dengan memberikan panggung dan ruang kreatifitasnya. Untuk selanjutnya dibina dan dikembangkan"

"Anak muda saat ini juga harus peduli terhadap masa depan bangsa, dengan ikut ambil bagian menggunakan hak pilihnya, dengan mengetahui track record dan mengenal sosok pemimpin bangsa dan wakil rakyat pada kontestasi pemilu 2024 nanti" tandas Jimmy.

 

3 dari 3 halaman

Nyatakan Dukungan untuk Ganjar-Mahfud

Kegiatan tersebut ditutup dengan pernyataan dukungan AMP kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, disambut dengan meneriakan yel yel merdeka, oleh pengurus AMP dan peserta.

"Kami selaku anak muda yang tergabung dalam AMP, mendukung pasangan Ganjar - Mahfud MD dalam pilpres 2024 nanti, alasannya karena Paslon ini dikenal selalu memberi perhatian lebih, terhadap aspirasi anak muda dan kaum milenial pada khususnya" Pungkas Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.