Sukses

Polisi Tangkap Diduga Pencopet yang Beraksi di KPU Saat Prabowo-Gibran Mendaftar

Terduga pencopet menyusup diantara pendukung bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat mengawal proses pendaftaran di Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/10/2023).

Liputan6.com, Jakarta Terduga pencopet menyusup diantara pendukung bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat mengawal proses pendaftaran di Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/10/2023).

Peristiwa ini diabadikan lewat kamera ponsel dan rekaman videonya viral di media sosial.

Terlihat, satu orang pria dirangkul oleh sejumlah orang berkaos putih. Pria itu menjadi sasaran amukan simpatisan Prabowo-Gibran karena dituduh sebagai pencopet.

Terkait kejadian ini, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro membenarkanya. Ada dua orang terduga copet yang diamankan di kawasan Gedung KPU.

"Telah diamankan dua orang laki-laki diduga telah melakukan tindak pidana pencurian," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

Aksi pelaku terpergok saat hendak merampas telepon gengam milik warga yang sedang menyaksikan prosesi pendaftaran Capres-Cawapres di depan Gedung KPU.

Kini, dua orang terduga pelaku inisial RHM (35), LS (28) menjalani pemeriksaan di Polsek Metro Menteng.

"Saat ini masih dilakukan pemeriksaan di Polsek Menteng, beserta korban," tandas Kapolsek Menteng, AKBP Irwandhy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KPU Resmi Tutup Masa Pendaftaran Capres-Cawapres di Pemilu 2024

Pendaftaran calon presiden dan wakil presiden di Pemilu 2024, ditutup. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan terakhir yang mendaftar pada hari terakhir pendaftaran capres-cawapres, Rabu (25/10/2023).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan, berdasar daftar partai penghuni di Senayan pada Pemilu 2019, tercatat semua partai sudah memberikan dukungannya di Pilpres 2024.

"Ini sudah selesai, tidak ada gabungan partai politik lagi yang akan datang. Karena memang partai politik peserta Pemilu 2019 yang memiliki kursi atau memiliki suara hasil Pemilu 2019 sudah ikut dalam gabungan partai politik mendaftarkan masing-masing bakal pasangan calon presiden-wakil presidennya masing-masing," kata Hasyim di Kantor KPU RI Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Hasyim mencatat, ada tiga pasangan calon yang sudah mendaftarkan diri. Pertama, pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Kedua, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan terakhir Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Berdasarkan catatan kami, bakal pasangan calon yang pertama kali didaftarkan ke KPU, yaitu Mas Anies Baswedan dan Mas Muhaimin Iskandar didaftarkan atau diusulkan oleh tiga partai politik yaitu NasDem, PKB dan PKS,” ujar Hasyim.

“Kemudian, Mas Ganjar dan Pak Mahfud didaftarkan oleh PDIP dan PPP sebagai partai parlemen. Kemudian Perindo dan Hanura sebagai partai non parlemen,” imbuh Hasyim.

 

3 dari 3 halaman

Prabowo dan Gibran Terakhir

Diketahui, pasangan terakhir adalah Prabowo dan Gibran yang diusung empat partai penghuni Senayan yaitu Gerindra, Golkar, PAN dan Demokrat.

Sedangkan pengusung yang berasal dari partai nonparlemem yaitu PSI, PBB, dan Garuda. Kemudian ditambah Partai Prima dan Gelora sebagai partai baru peserta Pemilu 2024.

“Sehingga demikian, sesungguhnya hari ini hari terakhir, maka pendaftaran bakal pasangan calon presiden-wakil presiden, sudah tutup, sudah tidak ada lagi partai politik atau gabungan partai politik yang akan datang atau akan hadir untuk mendaftarkan bakal pasangan calon presiden-wakil presiden,” Hasyim menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini