Sukses

Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harap Jumlah Turis Naik

Jokowi berharap keberadaan bandara tersebut dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Pulau Mentawai, khususnya yang gemar surfing atau berselancar.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023). Jokowi berharap keberadaan bandara tersebut dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Pulau Mentawai, khususnya yang gemar surfing atau berselancar.

Dia mengatakan Bandara Mentawai menggantikan Bandara Rokot Sipora yang hanya bisa di darati oleh pesawat Cessna yang kapasitanya 12 orang. Sedangkan, Bandara Mentawai memiliki panjang runway 1.500 meter dengan lebar 30 meter.

"Dan pesawat ATR sudah bisa mendarat di pulau mentawai saat ini. Kita harapkan dengan bisa turun pesawat ATR turis akan semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang seneng surfing," jelas Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/10/2023).

Dia telah meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar pesawat ATR dapat mendarat di Pulau Mentawai. Pasalnya, pesawat ATR mampu membawa 78 penumpang dalam sekali angkut.

"Tadi saya coba dengan pesawat yang gede ini tadi juga mendarat mulus tidak ada masalah," ujarnya.

Jokowi ingin keberadaan Bandara Mentawai akan mempermudah mobilitas masyarakat dan potensi wisata di Kepulauan Mentawai dapat dikembangkan lebih baik lagi. Dia juga berharap wisata surfing semaki berkembang.

"Kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang. dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing juga bisa langsung mendarat baik di padang maupun Pulau Mentawai," tutur dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat

Jokowi meyakini masyarakat akan merasakan dampak positif dari terbukanya konektivitas di suatu daerah. Salah satunya, kesempatan mengembangkan usaha baru.

"Saya yakin dengan semakin terbukanya akses suatu daerah konektivitas semakin baik, masyarakat akan mendapat multiplier effect yang besar dan kesempatan mengembangkan usaha baru. Ini kita harapkan meningkatkan kesejahterhan kita semua," pungkas Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyebut Bandara Mentawai bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal ini karena tingkat konektivitas yang makin mudah.

Jokowi menyampaikan, Bandara Mentawai bisa membuka akses konektivitas masyarakat Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Menurutnya, masyarakat bisa mendapat efek berganda dari beroperasinya bandara baru ini.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Buka Usaha Baru

"Saya yakin dengan semakin terbukanya akses suatu daerah konektivitas yang semakin baik, masyarakat akan semakin mendapatkan multiplier effect yang besar," ujarnya dalam momen peresmian, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/10/2023).

Melalui pembukaan konektivitas ini, masyarakat diharapkan bisa membuka usaha-usaha baru. Menyusul, potensi wisata di Kepulauan Mentawai yang digadang mampu menarik wisatawan.

Pada akhirnya, Jokowi berharap hal tersebut bisa mengerek tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Dan kesempatan untuk mengembangkan usaha-usaha barunya dan ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini