Sukses

Jadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani Mundur dari Wamen BUMN

Rosan Roeslani resmi diberhentikan dengan hormat sebagai Wamen BUMN oleh Presiden Jokowi. Rosan mengundurkan diri dari pemerintahan setelah ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengabulkan permohonan Rosan Roeslani untuk mundur dari jabatan Wakil Menteri (Wamen) BUMN. Dengan ini, Rosan Roeslani resmi diberhentikan secara hormat dari jabatan Wamen BUMN per Rabu (25/10/2023).

"Presiden telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN, Rosan P Roeslani. Wamen BUMN ini secara resmi diberhentikan dengan hormat melalui Keppres tertanggal 25 Oktober 2023," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

Dia menyampaikan, Rosan mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wamen BUMN pada Selasa, 24 Oktober 2023.

"Sebelumnya, Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN terhitung tanggal 24 Oktober 2023," tutur Ari.

Seperti diketahui, Wamen BUMN Rosan Roeslani dipastikan menjadi Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bakal calon presdien dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang bakal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pagi ini, rabu (25/10/2023).

Diketahuinya Rosan Roeslani sebagai ketua tim pemenangan berdasarkan pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut Rosan di awal pidatonya di Gelora Bung Karno sebelum bertolak ke KPU.

"Yang saya hormati, Saudara Rosan Roeslani, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran," ujar Prabowo disambut tepuk tangan para para pendukunya yang hadir.

Rosan Roeslani merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ia dilantik sebagai Wamen BUMN pada Senin 17 Juli 2023 lalu, menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Rosan Roeslani

Rosan juga tercatat sebagai Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21. Ia memulai jabatannya di Washington DC sejak Desember 2021.

Rosan dikenal sebagai seorang pebisnis. Ia memulai karirnya sebagai pengusaha dengan mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.

Selain berbisnis, Rosan juga aktif dalam lingkup organisasi. Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga jadi pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia periode 2010-2015. Pada 2015, ia terpilih sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021.

Tak hanya di Indonesia, kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Di luar dunia bisnis, Rosan pun sempat terjun ke ajang politik. Ia bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye pilpres 2019-2024 bersama Bahlil Lahadalia.

3 dari 4 halaman

Diumumkan Langsung Prabowo

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani dipastikan menjadi Ketua Tim Pemenangan Pasangan Bakal calon presdien dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, yang bakal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pagi ini, rabu (25/10/2023). 

Diketahuinya Rosan Roeslani sebagai ketua tim pemenangan berdasarkan pernyataan Prabowo Subianto yang menyebut Rosan di awal pidatonya di Gelora Bung Karno sebelum bertolak ke KPU. 

"Yang saya hormati, Saudara Rosan Roeslani, Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran,” ujar Prabowo disambut tepuk tangan para para pendukunya yang hadir.

Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto dan Bacawapres KIM Gibran Rakabuming Raka kompak pakai kemeja biru muda jelang daftar Pilpres 2024. Penampilan mereka, menjadi pertama kali bersama setelah resmi Gibran diumumkan sebagai pasangan Prabowo.

Gibran sudah tiba di kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara pada Rabu (25/10/2023) pukul 08.43 WIB. Wali Kota Solo itu nampak mengenakan kemeja berlengan panjang berwarna biru muda.

4 dari 4 halaman

Prabowo-Gibran Kompak Berkemeja Biru Muda

Gibran hanya melambaikan tangan kepada para awak media yang sudah menantinya di depan rumah Prabowo. Beberapa saat kemudian, Prabowo nampak ke luar rumahnya untuk menyambut Gibran.

Prabowo ternyata mengenakan kemeja serupa dengan Gibran. Saat ditanya wartawan alasan memakai baju berwarna biru, Prabowo mengungkapkan alasan singkat.

"Sejuk, damai, gembira," kata Prabowo.

Sebelumnya sosok Gibran sempat dinanti-nanti awak media karena tak kunjung menampakkan diri hingga pukul 08.00.

Bacapres dan bacawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berencana mendaftar ke KPU pada hari ini, Rabu (25/10).

Pasangan itu bakal berangkat dari kediaman Prabowo menuju Indonesia Arena di kompleks GBK bertemu relawan dan pendukung sebelum beranjak ke kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming akan didampingi juga oleh para ketua umum partai pengusung untuk menuju Stadion Arena Indonesia, GBK, Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.