Sukses

Rita Dondokambey Ajak Pengurus PKK Sulut Jadi Agen Perubahan Dalam Program Konservasi Energi

Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Sosialisasi Konservasi dan Hemat Energi di Manado

Liputan6.com, Manado Dalam rangka peringatan Hari Energi Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Oktober, Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Sosialisasi Konservasi dan Hemat Energi di Manado, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua TP–PKK Sulawesi Utara Sulut, Rita Maya Dondokambey Tamuntuan.

Dalam sambutannya, Rita Maya Dondokambey menekankan perlunya peran aktif para pengurusnya terkait edukasi keluarga akan pentingnya konservasi dan hemat energi melalui tindakan sehari-hari.

Hal itu penting guna mendukung program pemerintah pusat maupun daerah dalam upaya menjaga lingkungan dan edukasi tentang energi.

"Mari kita berkomitmen menjadi agen perubahan dan berperan aktif dalam menjaga sumber daya hijau yang bersih dan berkelanjutan," ungkapnya.

Rita menegaskan bahwa penghematan energi bukan didasari suatu kebutuhan, namun sejatinya menjadi komitmen setiap individu. Provinsi Sulut melalui Dinas ESDM memastikan ketersediaan energi yang berkelanjutan khususnya bagi generasi mendatang.

Hemat Energi Mulai dari Tindakan Kecil

Rita menyampaikan diperlukan pemahaman bahwa setiap tindakan kecil yang dilakukan dalam menghemat energi, dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan kesejahteraan.

"Tidak ada kata terlambat asalkan ada niat dan tindakan nyata, lingkungan dan energi kita senantiasa harus terjaga," tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konservasi Energi Beri Manfaat Ekonomi

Rita mengajak implementasi hemat energi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilaksanakan.

"Mematikan lampu yang tidak dipakai, elektronik di rumah, mengatur penggunaan air di rumah dan memanfaatkan energi terbarukan merupakan contoh yang baik bagi generasi muda dan memastikan masa depan lebih baik," ujarnya.

Selain dampak positif terhadap lingkungan, konservasi energi juga memiliki manfaat ekonomi. Sebab dengan mengurangi penggunaan energi dapat menghemat penggunaan biaya dan mengalokasikan sumber daya untuk kebutuhan yang lebih penting.

"Hal ini akan membantu meringankan ekonomi keluarga kita dan mendukung pembangunan berkelanjutan," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

TP-PKK Jadi Wadah Perubahan Positif Masyarakat

Rita menyebut TP-PKK Sulut adalah wadah yang kuat akan perubahan positif untuk masyarakat, tentunya dengan semangat gotong-royong.

"Saya berharap usai acara ini kita dapat bersama-sama merencanakan kegiatan konservasi energi yang dapat dilaksanakan di tingkat komunitas kita," kuncinya.

Turut hadir Koordinator Pengembangan Usaha Konservasi Energi Ditjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM RI Devi Laksmi, Kepala ESDM Daerah Sulut Fransiskus Maindoka, perwakilan PT PLN Suluttenggo dan pengurus TP-PKK Kab/Kota se-Sulut.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini