Sukses

Isu Reshuffle Kabinet Merebak, Politikus NasDem Rachmat Gobel Datangi Istana

Wakil Ketua DPR RI dari NasDem Rachmat Gobel mendatangi Istana Kepresidenan di tengah mencuatnya isu reshuffle kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/10/2023) siang. Kedatangan Rachmat Gobel ke Istana berlangsung di tengah isu reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan ini.

Berdasarkan pantauan, Ketua DPW NasDem Gorontalo itu tiba di Istana Kepresidenan Jakarta pukul 13.32 WIB, dengan menggunakan sedan hitam dengan pelat nomor RI 65. Rachmat masuk melalui pintu di Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Rachmat Gobel tampak mengenakan batik lengan panjang dengan motif warna hijau. Dia enggan berkomentar terkait kedatangannya dan langsung masuk ke dalam Istana Kepresidenan Jakarta.

"Tidak ada apa-apa," ucap Rachmat Gobel kepada wartawan.

Tak lama kemudian, mobil yang membawa Rachmat Gobel dipindahkan ke pintu masuk samping Istana.

Jokowi Akan Rombak Kabinet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pekan ini. Namun, Jokowi tak mengungkapkan tanggal pasti reshuffle akan dilakukan.

"Mungkin minggu ini (reshuffle kabinet). (Hari) baru disiapkan," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota Senayan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Jokowi menyebut dirinya akan melantik Menteri Pertanian (Mentan) definitif. Pos kementerian tersebut memang kosong pasca-Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi.

"Menteri Pertanian," ucapnya saat ditanya pos kementerian yang akan diisi.

Saat ini, Jokowi juga menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isu Reshuffle Kabinet Mencuat, Demokrat Gelar Rapat

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menggelar rapat internal di kantor DPP di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (24/10). AHY mengumpulkan para ketua DPD Demokrat dan petinggi Demokrat lainnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bakomstra Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra yang turut mendampingi AHY.

"Sedang mendampingi Ketum PD Mas AHY melakukan commanders call dengan para ketua DPD dari 38 provinsi se-Indonesia beserta petinggi Demokrat di kantor DPP," ujar Herzaky kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Herzaky tidak menjelaskan lebih lanjut apa saja yang dibahas bersama para ketua DPD dan elite Demokrat.   

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada pekan ini. Saat ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk kabinet, Jokowi hanya mengangguk.

Jokowi memang melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

"Ya biasa ya pertemuan silahturahmi berbicara hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai," ucap Jokowi saat ditanya awak media soal pertemuan dengan AHY.

3 dari 4 halaman

Reshuffle Posisi Mentan

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno mengatakan akan segera menindaklanjuti surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo dari jabatan Menteri Pertanian (Mentan).

Jika disetujui Jokowi, dia mengatakan nantinya akan diterbitkan keputusan presiden (keppres) tentang pemberhentian Syahrul Yasin Limpo.

"Sebagai tindaklanjut ini tentu saja kita akan segera menindaklanjuti. Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden, kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian," jelas Pratikno di Kantor Kemensetneg Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Dia meyampaikan Presiden Jokowi akan segera menunjuk sosok sebagai Mentan, menggantikan Mentan. Pratikno menegaskan hal itu merupakan hak preogratif Jokowi.

"Tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai Menteri Pertanian," ujarnya.

Pratikno tak menampik akan ada reshuffle atau perombakan kabinet, pasca mundurnya Syahrul Limpo sebagai Mentan. Namun, hingga kini belum ada ketahui sosok pengganti Syahrul Yasin Limpo.

"Kita kan ini kan surat aja baru kita terima tentu saja saya akan melaporkan dulu ke Pak Presiden nanti tindaklanjutnya kami kabarkan segera," tutur Pratikno.

 

4 dari 4 halaman

Syahrul Yasin Limpo Mundur

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Kedatangan Syahrul Yasin Limpo untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Mentan, usai diduga menjadi tersangka KPK.

"Saya sore ini datang meminta waktu Bapak Presiden dan diberi kesempatan oleh Mensesneg Pak Pratik untuk menyampaikan usul dan pengunduran diri saya sebagai menteri," jelas Syahrul Yasin Limpo usai menemui Pratikno, Kamis (5/10/2023).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com Syahrul Yasin Limpo tiba di kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pukul 17.20. Dia tampak didampingi oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Mensesneg Pratikno membenarkan bahwa Syahrul Yasin Limpo telah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Mentan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Surat itu disampaikan Syahrul melalui Pratikno.

"Pak Syahrul menyampaikan surat kepada Bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian," ujarnya.

Pratikno mengatakan surat tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi. Nantinya, akan dikeluarkan keputusan presiden (keppres) terkait pemberhentian Syahrul Yasin Limpo sebagai Mentan.

"Dan sebagai tindaklanjut ini tentu saja kita akan segera menindaklanjuti. Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian," tutur Pratikno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini