Sukses

Satgas Ketahanan Pangan Kota Depok Temukan Sejumlah Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Depok mendapati kenaikan harga kebutuhan pokok. Beras menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di Pasar Cisalak.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kebutuhan pokok di Kota Depok diketahui mengalami kenaikan saat Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Depok, mendatangi Pasar Cisalak, Cimanggis. Kenaikan harga terjadi pada beras, cabai hingga bawang.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan, Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Depok mendapati kenaikan harga kebutuhan pokok. Beras menjadi salah satu kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan di Pasar Cisalak.

“Beras premium naik dari Rp9 ribu menjadi Rp11 ribu per liter atau naik Rp2 ribu per liter,” ujar Supian kepada Liputan6.com, Selasa (17/10/2023).

Supian menjelaskan, meskipun harga beras premium mengalami kenaikan namun pasokan beras di Kota Depok masih mencukupi. Begitupun dengan stok beras di gudang Bulog untuk Kota Depok masih tersedia dan akan dikeluarkan sesuai kebutuhan.

“Stok beras kita di gudang Bulog sebanyak 35 ton untuk mendukung kebutuhan masyarakat Kota Depok,” jelas Supian.

Selain beras, terpantau harga cabai dan bawang mengalami kenaikan dibandingkan beberapa hari lalu. Cabai rawit hijau sebelumnya Rp40 ribu kini menjadi Rp43 ribu per kilogram, cabai rawit merah sebelumnya Rp51 ribu kini menjadi Rp54 ribu per kilogram, dan bawang Bombay sebelumnya Rp27 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram.

“Kenaikan ini diduga akibat fenomena El Nino sehingga mempengaruhi produksi petani,” ucap Supian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan Bapanas

Supian mengungkapkan, Pemerintah Kota Depok telah berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas). Koordinasi tersebut untuk membantu Pemerintah Kota Depok terhadap kondisi yang terjadi saat ini.

“Sidak ini juga untuk mengetahui secara langsung di pasar dengan berkomunikasi dengan pedagang,” ungkap Supian.

Supian menuturkan, dari hasil sidak tersebut beberapa harga kebutuhan pokok tetap stabil sejak beberapa hari lalu. Kebutuhan pokok yang tidak mengalami kenaikan yakni, telur, daging ayam, dan daging sapi.

“Daging hingga telur tetap stabil setelah kita cek langsung di pasar,” tutur Supian.

Supian berharap, fenomena El Nino dapat segera berakhir sehingga tidak mengganggu produksi petani dari kekeringan. Kenaikan harga kebutuhan pokok dipengaruhi dari ketersediaan dan pasokan dari petani.

“Semoga El Nino ini cepat berakhir sehingga harga yang sebelumnya naik, menjadi stabil kembali,” pungkas Supian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.