Sukses

Ini Formasi Baru PSI Usai Kaesang Pangarep Jabat Ketua Umum

Liputan6.com, Jakarta - Putra Bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi diangkat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggantikan Giring Ganesha.

Penujukan Kaesang sebagai ketua umum diumumkan pada saat PSI menggelar Kopdarnas yang diadakan di Djakarta Theater, Senin (25/9/2023).

Pengumuman Kaesang menjadi ketua umum, tercantum dan Surat Keputusan Dewan Pembina yang dibacakan oleh ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

"Surat keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan Ketua Umum PSI menetapkan, Bro Kaesang Pangarep sebagai ketua berlaku sejak 2023 hingga 2028," kata Grace dalam pidatonya.

Selain Kaesang, Grace juga mengumumkan Raja Juli Antoni selain Sekjen Baru PSI. Sementara mantan ketua umum, Giring kini menduduki jabatan anggota dewan pembina dan Ratu Ayu Isyana Bagus Oka.

Adapun sebelumnya, Giring Ganesha menyatakan telah merekomendasikan nama putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI menggantikan dirinya.

"Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya. Di PSI kami diajarkan soal kolektivitas kerja, jabatan itu soal manajerial, namun beban kerja selalu dibagi bersama," kata Giring dalam keterangannya, Senin (25/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorongan Kader PSI

Giring menyebut keinginan Kaesang menjadi Ketum PSI juga atas dorongan dari semua kader PSI.

"Karenanya sejak tiga bulan terakhir saya komunikasi intens dengan Mas Kaesang dan teman-teman di daerah. Semangatnya PSI harus lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 yang akan datang. Itu aspirasi semua kader di PSI," kata dia.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.