Sukses

Soal Ridwan Kamil Bacawapres Ganjar, PPP: Keputusan Ditentukan Koalisi dan Diumumkan Megawati

PPP menilai, komunikasi antara Ridwan Kamil dengan Megawati merupakan hal wajar. Untuk keputusan siapa cawapres, nantinya aan langsung diumumkan Megawati.

Liputan6.com, Jakarta Mencuat nama Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil sebagai cawapres Ganjar Pranowo. PPP mengaku, nama-nama yang muncul akan dimusyawarahkan oleh para ketua umum pengusung Ganjar.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul sani, mengatakan jika cawapres sudah diputuskan maka Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkannya ke publik. Sebab, dalam kerja sama yang dibangun saat ini dipimpin langsung oleh Megawati. 

"Soal cawapres Mas Ganjar ini kan semua ketua umum partai akan bermusyawarah, dan bagaimanapun dalam Koalisi atau kerja sama ini dipimpin PDIP ya tentu Bu Mega yang akan menyampaikan kepada publik tentang siapa yang akan diputuskan oleh koalisi yang saat ini posisinya adalah 4 partai," kata Arsul, di Kawasan SCBD, Jakarta, Minggu, 10 September 2023. 

Lebih lanjut, dia mengatakan, pihaknya juga melihat bagaimana perkembangan dari koalisi lain sebelum menentukan sosok cawapres yang tepat untuk Ganjar.  Terlebih, nama-nama yang saat ini sudah mengecurut dan dibahas bersama partai politik pengusung Ganjar Pranowo.

Perihal komunikasi yang dilakukan oleh Ridwan Kamil dengan Megawati, dia menyebut hal itu wajar. Apalagi, saat ini nama mantan Gubernur Jawa Barat itu sedang naik daun, sehingga sudah pasti terus menjadi pembahasan. 

Namun, kata Arsul, hingga kini partai pengusung Ganjar Pranowo belum menentukan siapa sosok cawapres Ganjar. 

"Saya kira sekali lagi, yang dibahas itu banyak jumlah sosok. Hanya kebetulan yang muncul ke permukaan itu saat ini ya pak RK, ya wajar kalau pak RK itu disebut-sebut favorit. Tapi saya kira para ketua umum itu masih akan terus membicarakan dan mendiskusikan, dan sampai saat ini belum memutuskan," imbuh dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Itikad Baik Golkar

Sekjen PDIP Hasto Kristianto merespons pernyataan Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono yang menyebut tidak bisa melarang Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden (bacawarpes) untuk bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Menurut Hasto, urusan tersebut tetap harus melalui pembahasan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kalau kita liat secara konstitusi, mereka yang memenuhi syarat apalagi berdasarkan persepsi dari masyarakat, memiliki rekam jejak yang baik, kemudian keberhasilan sebagai pemimpin ketika bertugas, tentu saja rakyat memberikan apresiasi," kata Hasto.

"Tetapi bagi PDIP yang berjuang bersama PPP, Hanura, dan Perindo, siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar itu nanti akan dilakukan, dibahas bersama-sama dengan Ibu Mega, mempertimbangkan sosok yang tepat, yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo,” sambung dia.

Hasto mengatakan pernyataan Agung Laksono tentu saja merupakan hal yang positif. Sementara, sejauh ini sudah mengerucut lima nama yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo, seperti yang sempat diungkap Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Ya seluruh nama-nama dicermati secara dinamis dan akan dilihat seluruh rekam jejaknya, tetapi yang terutama adalah karakter kepemimpinannya dan kemampuan bekerja sama dengan Pak Ganjar di dalam mendorong gerak. 

 

Reporter: Alma Fikhasari 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • PPP