Sukses

6 Fakta Terkait Viral Seleb TikTok Luluk Nuril Usai Marahi Siswi Magang di Toko Swalayan

Nama Luluk Sofiatul, seleb TikTok asal Probolinggo, Jawa Timur saat ini sedang menjadi perhatian publik usai viral video sedang memarahi siswa magang di sebuah toko swalayan saat sedang berbelanja.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Luluk Sofiatul, seleb TikTok asal Probolinggo, Jawa Timur saat ini sedang menjadi perhatian publik. Hal tersebut usai Luluk Sofiatul atau Luluk Nuril mengunggah video sedang memarahi siswi magang di sebuah toko swalayan saat sedang berbelanja.

Diketahui, siswi magang tersebut adalah siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Probolinggo. Dalam unggahan tersebut, Luluk Nuril tampak tak terima saat siswa magang tersebut memberi tahu soal pembatalan barang.

Menurut Luluk, siswa magang tersebut menyepelekan dirinya yang bisa membeli barang puluhan juta.

"Aku loh ini pesan (sambil menunjukkan barang belanjaannya), tidak mungkin saya batalin, kamu pikir saya tidak bisa membayar belanjaan segini. Puluhan juta akan saya bayar, apalagi hanya segini," kata Luluk sembari tak bisa menahan emosi dalam video unggahannya.

Sontak saja video tersebut tersebar di media sosial dan membuat Luluk mendapatkan banyak kecaman. Rupanya, Luluk merupakan istri dari Bripka Nuril yang tercatat sebagai anggota Polsek wilayah hukum Polres Probolinggo.

Saat ini, Bripka Nuril menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Imbas kejadian tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menyebut pihaknya telah melakukan klarifikasi minggu lalu terkait kasus Luluk Nuril.

Dari klarifikasi itu, Kata Wisnu, pihaknya juga telah melakukan pembinaan kepada anggota dan istrinya, serta tengah dilakukan upaya mediasi dengan pihak sekolah.

"Mohon waktunya, agar masalah ini tidak semakin viral," ujar Wisnu, Rabu (6/9/2023).

Berikut sederet fakta terkait viral nama Luluk Sofiatul, seleb TikTok asal Probolinggo, Jawa Timur yang mengunggah video sedang memarahi siswa magang di sebuah toko swalayan saat sedang berbelanja dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kronologi Kejadian

Nama seleb TikTok asal Probolinggo, Jawa Timur, Luluk Sofiatul Jannah atau Luluk Nuril kini sedang menjadi sorotan publik khususnya warganet. Hal tersebut usai Luluk Nuril mengunggah video sedang memarahi siswa magang di sebuah toko swalayan saat sedang berbelanja.

Diketahui siswa magang tersebut adalah siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Probolinggo.

Dalam unggahan tersebut, Luluk Nuril tampak tak terima saat siswa magang tersebut memberi tahu soal pembatalan barang. Menurut Luluk, siswa magang tersebut menyepelekan dirinya yang bisa membeli barang puluhan juta.

"Aku loh ini pesan (sambil menunjukkan barang belanjaannya), tidak mungkin saya batalin, kamu pikir saya tidak bisa membayar belanjaan segini. Puluhan juta akan saya bayar, apalagi hanya segini," kata Luluk tak bisa menahan emosi dalam video unggahannya.

Sontak saja video tersebut tersebar di media sosial dan membuat Luluk mendapatkan banyak kecaman. Luluk sendiri diketahui merupakan seleb TikTok Probolinggo yang juga istri dari Bripka Nuril yang tercatat sebagai anggota Polsek wilayah hukum Polres Probolinggo.

Saat ini, Bripka Nuril menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Tiris, Kabupaten Probolinggo. Atas kejadian tersebut, Luluk dan suaminya diketahui sudah dipanggil Propam Polres Probolinggo untuk diperiksa.

Tak hanya itu, Luluk juga diminta untuk menghapus video yang merekam aksinya memarahi siswi magang di swalayan tersebut.

 

3 dari 7 halaman

2. Pihak Sekolah Angkat Bicara

Pihak sekolah dari tempat siswi magang tersebut akhirnya angkat bicara. Kepala sekolah SMKN 1 Kota Probolinggo Duwi Anggraini membenarkan jika siswi dalam video yang viral itu adalah anak didiknya. Pihaknya sekolah pun fokus dengan penanganan mental anak didiknya tersebut karena memang masih pelajar.

"Kalau melihat video itu, kami sangat prihatin sebagaimana kita ketahui. Yang bersangkutan masih berstatus pelajar yang kebetulan magang di KDS," tuturnya dikutip Rabu (6/9/2023).

Sementara itu pihak sekolah pun tidak terima dengan perlakukan Luluk Nuril dan melaporkan kasus tersebut ke polisi dan meminta untuk diproses hukum.

Humas SMKN 1 Kota Probolinggo Yuni Hidayati mengatakan jika laporan tersebut juga terkait ITE tentang pencemaran nama baik dan perlindungan anak.

"Untuk kejadiannya kita juga melaporkan ke Polres Probolinggo Kota terkait ITE tentang pencemaran nama baik dan perlindungan anak," ujarnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Polisi Panggil Seleb TikTok Luluk Nuril

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana menyatakan, pihaknya pihaknya telah melakukan klarifikasi minggu lalu terkait kasus seleb Titkok Luluk Nuril yang ngamuk ke siswi magang di sebuah toko swalayan di Probolinggo.

Luluk Nuril diketahui adalah istri seorang anggota polisi di Polres Probolinggo bernama Mochamad Nuril Huda. Suaminya menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Dari klarifikasi itu, Kata Wisnu, pihaknya juga telah melakukan pembinaan kepada anggota dan istrinya, serta tengah dilakukan upaya mediasi dengan pihak sekolah.

"Mohon waktunya, agar masalah ini tidak semakin viral," ujar Wisnu, Rabu (6/9/2023).

 

5 dari 7 halaman

4. Kapolda Jatim Minta Bripka Mochamad Nuril, Suami Luluk Nuril Ikut Diperiksa

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto memerintahkan Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardhana untuk memeriksa anggotanya, Bripka Mochamad Nuril Huda beserta istrinya Luluk Sofiatul Jannah alias Luluk Nuril buntut ngamuk ke siswi magang di sebuah toko swalayan di Probolinggo.

"Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto sudah memerintahkan Kapolres Probolinggo untuk memeriksa yang bersangkutan (Luluk) dan (Bripka Nuril Huda) suami yang bersangkutan," kata Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto saat dihubungi, Rabu (6/9/2023).

Ada pun, kata Dirmanto, pemeriksaan terhadap Bripka Nuril Huda dilakukan sebagai proses dugaan pelanggaran disiplin maupun kode etik terkait tingkah laku istrinya.

"Terkait pelanggaran disiplin maupun kode etik," sebutnya.

Polisi juga sudah menindak lanjuti perilaku Luluk yang membentak salah satu siswa magang di sebuah toko saat sedang berbelanja. Dan sikap angkuh Luluk saat menaiki mobil Toyota Alphard sambil dikawal Patwal bersama teman-temannya.

"Tunggu saja. Sudah (ditindaklanjuti)," ucap Dirmanto.

 

6 dari 7 halaman

5. Sampaikan Permohonan Maaf

Luluk Nuril, seleb TikTok Probolinggo yang memaki siswi magang akhirnya meminta maaf. Permohonan maaf itu disampaikan usai mediasi di SMKN 1 Kota Probolinggo tempat siswa tersebut bersekolah pada Rabu (6/9/2023).

"Saya Luluk Nuril menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolri, Kapolda Jatim, Kapolres Probolinggo, dan orang tua, guru pihak sekolah serta semua pihak atas apa yang telah dilakukan dalam bermedia sosial, serta akan lebih bijak lagi dalam dalam bermedia sosial," kata Luluk dikutip dari akun Instagram Polres Probolinggo @polres_probolinggo dikutip Rabu (6/9/2023).

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana memimpin mediasi ini, ia hadir bersama anggotanya mendatangi sekolah siswi tersebut.

Tak hanya Kapolres dan jajaranya saja, proses mediasi ini juga dihadiri suami Luluk yaitu Bripka Nuril anggota dari Polsek Tiris.

 

7 dari 7 halaman

6. Orang Tua Siswi Sekolah Sudah Memaafkan

Orang tua dari siswi magang yang dimaki oleh Luluk, yakni Lasmi mengaku, telah memaafkan tindakan seleb TikTok itu kepada anaknya.

"Saya juga telah memaafkan mbak Nuril. Saya juga memohon maaf bilamana tindakan putri saya terdapat kesalahan saat magang di KDS Departement store," tutur Lasmi.

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama menyelesaikan permasalahan ini melalui mediasi.

"Atas nama pribadi maupun institusi Polri, kami memohon maaf atas tindakan dari anggota kami beserta istri yang telah membuat permasalahan sehingga menjadi viral di dunia maya," tutur Wisnu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.