Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Senin 4 September 2023: Pagi hingga Siang Hari Sebagian Besar Cerah Berawan

Di awal pekan, Senin (4/9/2023), langit pagi Indonesia diprediksi bakal didominasi cerah, cerah berawan, berawan, berawan tebal, dan asap, kecuali Jambi hujan ringan. Begitulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Senin (4/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Di awal pekan, Senin (4/9/2023), langit pagi Indonesia diprediksi bakal didominasi cerah, cerah berawan, berawan, berawan tebal, dan asap, kecuali Jambi hujan ringan. Begitulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Senin (4/9/2023).

Langit berasap pada pagi hari ini diprakirakan ada di wilayah Banjarmasin dan Palangkaraya, sisanya cerah, cerah berawan, berawan, dan berawan tebal.

Berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman resminya www.bmkg.go.id, begitu pula pada siang hari nanti, langit Indonesia diprediksi keseluruhannya cerah, cerah berawan, dan berawan, kecuali Ternate turun hujan dengan intensitas ringan.

Sedikit berbeda di malam nanti, sebagian besar cuaca Indonesia diprakirakan BMKG bakal cerah, cerah berawan, berawan, kabut, dan berawan tebal.

Sedangkan hujan berintensitas ringan diprediksi mengguyur wilayah Kota Jayapura dan Pekanbaru, serta waspada hujan lebat di Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan Tebal  Berawan  Berawan Tebal
 Denpasar  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Cerah  Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Gorontalo   Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Jambi   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Kabut
 Bandung   Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Semarang   Cerah Berawan  Cerah  Berawan
 Surabaya   Cerah  Cerah  Cerah
 Pontianak   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Banjarmasin   Asap  Cerah Berawan  Cerah
 Palangkaraya  Asap  Cerah Berawan  Berawan
 Samarinda  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah
 Tarakan   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Pangkal Pinang  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Tanjung Pinang   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Bandar Lampung  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Ambon   Berawan  Berawan  Berawan
 Ternate   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Mataram   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kupang   Cerah  Cerah  Cerah
 Kota Jayapura  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Manokwari   Berawan  Berawan  Berawan
 Pekanbaru   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Mamuju   Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Makassar   Cerah  Cerah  Berawan
 Kendari   Cerah Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Manado    Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Padang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Palembang  Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Lebat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Indonesia Beberapa Hari Ini

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya dalam beberapa hari ini.

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip Antara di Jakarta, Sabtu 2 September 2023, potensi tersebut menimbulkan dampak mulai dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Beberapa wilayah yang harus mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem ini meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Secara detil, wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Papua, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat.

Sedangkan wilayah yang berpotensi diterjang angin kencang adalah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Barat.

3 dari 3 halaman

BMKG: Waspada Kebakaran Hutan di Masa Cuaca Panas dan Kering

Sementara itu, Kepala BMKG sebelumnya mengatakan Indonesia sendiri masih dalam musim kemarau dengan puncak diprakirakan terjadi pertengahan Agustus hingga September 2023. 

Semasa cuaca panas dan kering, peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan meningkat. Menyikapi kondisi tersebut BMKG mengimbau beberapa daerah untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini.

"Nanti setelah masuk Oktober mulai berkurang, berkurang tapi masih kering. Nah diprediksi hujan ini November," kata Dwikorita.

Semasa cuaca panas dan kering, peluang terjadi kebakaran hutan dan lahan meningkat sehingga BMKG mengimbau beberapa daerah untuk mewaspadai terjadinya karhutla ini.

Beberapa wilayah yang terindikasi karhutla di antaranya adalah Kalimantan Barat dengan 37 titik, Nusa Tenggara Timur 15 titik, Kalimantan Timur sembilan titik, dan Kalimantan Tengah delapan titik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.