Sukses

Resmikan Revitalisasi TMII, Jokowi: Kembalikan Semangat Ibu Tien Soeharto

Jokowi mengatakan, masyarakat kini sudah bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang lebih tertata rapi, hijau, dan nyaman, setelah dilakukan renovasi. Setelah direvitalisasi, TMII akan dibuka hingga pukul 20.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat (1/9/2023). Revitalisasi TMII yang dilakukan sejak Januari 2022 ini menghabiskan anggararan hingga Rp1 triliun lebih.

"Alhamdulillah revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah yang dilakukan sejak Januari tahun lalu Tahun 2022 pada hari ini telah selesai, yang menelan anggaran tadi sudah disampaikan oleh Menteri (BUMN) Erick Thohir Rp1,70 trilun, plus Rp200 miliar dari PT Injourney," kata Jokowi saat peresmian di TMII Jakarta Timur, Jumat malam.

Dia mengatakan, masyarakat kini sudah bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru TMII yang lebih tertata rapi, hijau, dan nyaman, setelah dilakukan renovasi. Jokowi menyebut TMII akan dibuka hingga pukul 20.00 WIB.

"Masyarakat sekarang bisa mengunjungi dan menikmati wajah baru Taman Mini Indonesia Indah yang tertata rapi, lebih hijau lebih indah, dan lebih nyaman," ujarnya.

Menurut dia, revitalisasi ini mengembalikan semangat istri Presiden kedua RI, Tien Soeharto saat menggagas TMII. Jokowi menuturkan TMII saat ini akan didominasi ruang terbuka sehingga akan lebih sejuk pada siang harinya.

"Revitalisasi ini sekaligus mengembalikan bagaimana semangat awalnya yang digagas oleh Ibu Tien Soeharto, dan kalau siang mestinya Taman Mini Indonesia Indah sekarang ini bisa lebih sejuk," jelasnya.

"Karena konsepnya telah dikembalikan seperti pada master plan awalnya yaitu 70 persen ruang terbuka hijau dan 30 persen bangunan," sambung Presiden Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usung Konsep Inklusif, Culture, dan Smart

Dia menyapaikan bahwa seluruh bangunan museum dan anjungan daerah yang ada di TMII telah dipercantik serta direvitalisasi dengan mengusung konsep inklusif, culture, dan smart. Untuk itu, Jokowi meyakini TMII akan menjadi ikon besar pariwisata di Indonesia.

"Saya yakin dengan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah, akan menjadi sebuah ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.