Sukses

5 Pemenang Pakaian Adat Terbaik Upacara Penurunan Bendera HUT ke-78 RI Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi

Presiden Jokowi kembali memberikan hadiah bagi para tamu undangan yang mengenakan Pakaian Adat Terbaik. Kali ini Upacara Penurunan Bendera Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali memberikan hadiah bagi para tamu undangan yang mengenakan Pakaian Adat Terbaik.

Kali ini hadiah sepeda diberikan saat Upacara Penurunan Bendera Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di Halaman Istana Merdeka Jakarta.

Dari penilaian diam-diam yang dilakukan, tim memilih para pemenang Pakaian Adat Terbaik. Ada lima pemenang yang dipilih dan kelimanya mendapat hadiah sepeda dari Presiden Jokowi. Mereka adalah:

1. Azalea dengan mengenakan pakaian adat Rote,

2. Susanti dengan pakaian adat Lampung,

3. Karlina dengan pakaian adat Jawa Tengah,

4. Adrian dengan pakaian adat Alor,

5. Ricky dengan pakaian adat Madura.

Usai para pemenang dibacakan, keempatnya maju ke depan, karena salah satu pemenang yaitu Azalea tidak hadir. Mereka pun langsung membawa hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023), berlangsung meriah. Selain menyuguhkan pertujukkan seni dan musik, pihak Istana juga memberikan hadiah kepada tamu undangan dengan pakaian adat terbaik.

Adapun juara pertama pakaian adat terbaik diraih oleh Raja Amarasi yang memakai pakaian adat Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian, tamu undangan Gretty yang memakai pakaian adat Bengkulu mendapat juara kedua.

Selanjutnya, juara tiga diraih oleh Kohar yang memakai pakaian adat asal Banyuwangi. Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep yang memakai pakaian adat Minahasa, Sulawesi Utara mendapat juara empat.

Terakhir, juara kelima diraih Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dia memakai baju adat Soe dari Timor Tengah Selatan.

Para pemenang penghargaan pakaian adat terbaik dalam HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Berlangsung Khidmat

Upacara penurunan bendera merah putih pada HUT ke-78 RI berlangsung khidmat. Pada upacara penurunan bendera merah putih tersebut, para tamu undangan khidmat menyaksikan rangkaian acara.

Upacara tersebut pun berlangsung lancar tanpa ada kendala dan kejadian yang tidak diinginkan.

Rangkaian acara berlangsung sejak sekitar pukul 16.30 WIB, Kamis (17/8/2023), di Istana.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara tersebut. Jokowi tak memakai baju adat seperti saat upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Sore ini, Jokowi mengenakan setelan jas lengkap berwarna biru tua, kemeja putih dan dasi merah.

Pada upacara penurunan bendera ini, Tim Indonesia Jaya lah yang beraksi. Keyla Azzahra Purnama yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat diturunkan.

Tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bali, dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

 

3 dari 3 halaman

Komandan Upacara hingga Perwira Upacara Penurunan Bendera

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kombes Pol Victor Dean Mackbon. Saat ini, ia menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza, yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967.

Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Indonesia Maju bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Tim Indonesia Maju berhasil mengibarkan bendera merah putih. Mereka pun mendapat tepuk tangan dari tamu undangan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.