Sukses

BMKG Pasang Alat Pendeteksi Gempa Telusuri Penyebab Dentuman Misterius di Sumenep

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto mengatakan, seismograf sudah dipasang di lokasi munculnya dentuman misterius di Sumenep sejak Minggu 13 Agustus 2023 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Tim dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pasuruan memasang alat pendeteksi gempa seismograf untuk menelusuri penyebab munculnya dentuman mistrius di Desa Moncek Tengah, Sumenep, Jawa Timur.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Pasuruan, Suwarto mengatakan, seismograf sudah dipasang di lokasi munculnya dentuman misterius sejak Minggu 13 Agustus 2023 lalu.

"Kami mohon waktu untuk menganalisa dan mengolah data dari seismograf. Mohon waktu agar hasilnya komprehensif. Kami juga berharap warga tetap tenang. Masih aman," kata Suwarto dilansir dari Antara, Senin (14/8/2023).

BMKG, kata Suwarto, sudah mengantongi data hasil seismograf (time digital seismograph) di lokasi fenomena alam berupa suara dan getaran dari dalam tanah di Desa Moncek Tengah, Sumenep, Jawa Timur.

"Kami sudah dapatkan data dari seismograf dan masih diunduh. Ini tentu butuh analisa dan waktu untuk dikaji lebih komprehensif," ucap Suwarto.

Hingga Senin 14 Agustus 2023 siang, di lokasi munculnya suara dan getaran dari dalam tanah di Desa Moncek Tengah itu masih dipenuhi warga yang ingin melihat fenomena alam tersebut.

Selain anggota Polsek dan Koramil Lenteng, sejumlah personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep juga terlihat siaga di lokasi.

Sebelumnya, warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur digegerkan dengan suara dentuman misterius dari dalam tanah. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu 12 Agustus 2023 lalu sekira pukul 09.30 WIB.

Video amatir yang memperlihatkan warga merekam suara dentuman itu pun viral di media sosial. Seorang warga terlihat merekam suasana desa ketika dentuman tersebut muncul.

Warga pun keluar dari rumah dan mencari sumber suara dentuman. Ternyata, suara misterius itu muncul dari bawah tanah. Seorang warga merekam suara dentuman tersebut.

Dalam video itu suara dentuman mirip suara orang menggali tanah atau memecahkan batu. Suara dentuman terdengar beberapa kali dari bawah tanah.

"Bunyi di dalam bumi. Seperti orang menggali sumur. Ada getaran-getaran di dalam bumi," kata seorang warga dalam video yang viral dikutip Senin (14/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dentuman Misterius Gegerkan Sumenep, Lima Keluarga Diungsikan

Polres Sumenep mengungsikan lima kepala keluarga (KK) di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, menyusul adanya suara dentuman dari dalam tanah yang ditempati kelima kepala keluarga tersebut dalam beberapa hari terakhir ini.

"Langkah ini kami lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi penghuni rumah tersebut memang merasa khawatir," kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti dilansir dari Antara, Senin (14/8/2023).

Suara yang menggetarkan itu terdengar selama sekitar 45 menit. Terkadang seperti suara orang yang sedang menggali sumur dan memecah batu. Padahal tidak ada kegiatan penambangan di sekitar lokasi kejadian.

"Polsek Lenteng sudah melakukan pemeriksaan di sekitar lokasi tersebut, dan tidak ada kegiatan penambahan, sehingga kami meminta agar penghuni rumah tersebut sebaiknya mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Widiarti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini