Sukses

Cuaca Indonesia Hari Ini Kamis 3 Agustus 2023: Pagi Cerah Berawan, Siang hingga Malam Hujan Sebagian

Pagi hari ini, Kamis (3/8/2023), langit Indonesia diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, dan hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Kamis (3/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pagi hari ini, Kamis (3/8/2023), langit Indonesia diprediksi cerah, cerah berawan, berawan, dan hujan ringan. Seperti itulah prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Kamis (3/8/2023).

Wilayah Gorontalo, Tarakan, dan Ambon diprediksi hujan dengan intensitas ringan di pagi hari ini, berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Begitu pula pada siang nanti, cuaca Indonesia diprediksi sebagiannya cerah, cerah berawan, berawan, dan hujan ringan. Hujan berintensitas ringan diprakirakan guyur Serang, Bengkulu, Jambi, Ambon, dan Medan di siang nanti.

Sedangkan di malam hari, langit Indonesia diprediksi sebagiannya cerah, cerah berawan, berawan, hujan ringan, dan hujan sedang. Hujan ringan diprakirakan turun malam hari nanti di Ambon dan Ternate serta hujan sedang di Kota Jayapura dan Medan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Denpasar  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
 Yogyakarta   Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah   Cerah  Cerah Berawan
 Gorontalo   Hujan Ringan  Berawan  Berawan
 Jambi   Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bandung   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Semarang   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Surabaya   Cerah   Cerah   Cerah
 Pontianak   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Banjarmasin   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Palangkaraya  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Samarinda  Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Tarakan   Hujan Ringan  Cerah Berawan  Cerah
 Pangkal Pinang  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Tanjung Pinang   Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Bandar Lampung  Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Ambon   Hujan Ringan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Ternate   Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Mataram   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kupang   Cerah   Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Kota Jayapura  Berawan  Berawan  Hujan Sedang
 Manokwari   Berawan  Berawan  Berawan
 Pekanbaru   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Mamuju   Berawan  Berawan  Berawan
 Makassar   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Kendari   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Manado    Berawan  Berawan  Berawan
 Padang   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Palembang  Berawan  Berawan  Cerah Berawan
 Medan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Sedang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BMKG Prediksi Puncak El Nino pada Agustus-September, Dampaknya Mulai Terasa

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi puncak terjadinya El Nino pada Agustus-September 2023. BMKG pun mengingatkan semua pihak terkait dampak yang ditimbulkan fenomena El Nino yang mulai terasa.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menuturkan, El Nino sesuai hasil prediksi sudah mulai terjadi di Indonesia sejak Juli. Akan tetapi, sesuai hasil prediksi juga, ia menuturkan, El Nino masih lemah pada awal Juli.

Dwikorita menuturkan, dalam hal ini dampak El Nino pada awal Juli masih kurang signifikan atau kurang terasa karena El Nino masih lemah. Demikian mengutip dari Antara, Kamis 20 Juli 2023.

Namun, beberapa hari lalu, sesuai hasil prediksi, indeks El Nino semakin menguat dari yang awalnya masih lemah mulai menjadi moderat.

“Ini baru mulai menjadi moderat. Makanya kami terus gencar mengimbau, mengingatkan, dengan El Nino yang semakin moderat atau semakin menguat, tentunya dampaknya akan menguat juga,” ujar dia.

3 dari 4 halaman

Dampak El Nino

Dwikorita menuturkan, puncak terjadinya El Nino akan berlangsung pada Agustus-September. Hal itu akan berakibat pada musim kemarau yang lebih kering dari kemarau saat tidak terjadi El Nino seperti pada 2020, 2021, dan 2022.

Ia menuturkan, jika kondisinya semakin kering, dampak lanjutnya adalah lahan dan hutan menjadi mudah terbakar.

“Itu yang harus diantisipasi, dicegah, jangan mudah membuang puntung rokok atau menyulut di lahan atau di hutan,” tutur dia.

Dia mengatakan, El Nino juga berdampak ke petani karena air semakin kurang sehingga  sektor pertanian akan terganggu.

Dengan demikian, BMKG sejak awal 2023 sudah melakukan persiapan, salah satunya dengan menggelar Sekolah Lapangan Iklim bagi petani agar dapat beradaptasi selama terjadinya El Nino dengan menyesuaikan pola tanam.

“Tentunya kami bekerja sama dengan dinas-dinas pertanian di berbagai daerah di Indonesia,” ujar dia.

4 dari 4 halaman

Menko Airlangga Minta Pemda Waspadai El Nino yang Bisa Ganggu Produksi Pangan

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Nusantara Hall II ICE Bumi Serpong Damai (BSD).

Dalam gelaran ini, Menko Airlangga menyatakan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih berada di posisi yang kuat dan menjadi modal baik untuk menghadapi kondisi ekonomi global yang diprediksi melambat di 2023.

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2023 mencapai 5,03% dengan PDB per kapita mencapai USD 4,782 serta inflasi kembali ke kisaran sasaran 3+1% dan melanjutkan tren penurunan menjadi 3,5% (yoy) pada bulan Juni 2023.

Kualitas pertumbuhan ekonomi tersebut juga diiringi dengan penurunan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, dan rasio gini.

“Indonesia salah satu negara G20 yang tumbuh tinggi di antara negara-negara lain,” kata Airlangga Hartarto dikutip dari keterangan tertulis, Kamis 20 Juli 2023.

Menko Airlangga pun memberikan beberapa arahan kepada Pemerintah Daerah diantaranya terkait ketahanan pangan dan penurunan angka kemiskinan ekstrem yang diharapkan dapat mendekati 0 di tahun 2024. Lebih lanjut, Menko Airlangga juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah dalam menjaga inflasi.

“Untuk inflasi, alhamdulillah, terima kasih kepada APKASI. (Inflasi) kita di angka 3,5%,” ujar Menko Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.