Sukses

Infografis Buron KPK Harun Masiku Dikabarkan Ada di Kamboja

Persembunyian Harun Masiku belum dapat dipastikan. Namun, merujuk perkembangan, terkini, buronan KPK tersebut disinyalir berada di Kamboja, bahkan diduga telah berganti kewarganegaraan.

Liputan6.com, Jakarta -  Harun Masiku menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi sejak 8 Januari 2020 atau hampir 3 tahun 6 bulan lamanya. Keberadaan Harun Masiku yang merupakan tersangka kasus suap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan terkait penetapan anggota DPR RI terpilih 2019-2024 masih menjadi misteri.

Namun, merujuk perkembangan terbaru, Harun Masiku disinyalir berada di sejumlah negara tetangga. Kabar lebih terkini, mantan calon legislatif atau caleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga dikabarkan bersembunyi di Kamboja, bahkan diduga telah berganti kewarganegaraan.

Lantaran itulah, aparat kepolisian akan menyelidiki mengenai kebenaran kabar buron KPK tersebut berada di Kamboja. Harun Masiku merupakan buronan KPK terkait kasus suap Komisioner KPU.

"Kami akan tindaklanjuti," ujar Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Inspektur Jenderal atau Irjen Krishna Murti, Rabu 26 Juli 2023.

Krishna menjelaskan, Polri akan bekerja sama dengan pihak terkait dalam memburu Harun Masiku. "Kerja sama dengan KPK, Interpol, serta otoritas di Kamboja."

Adapun Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memastikan pihaknya sudah sejak lama berkoordinasi dengan Mabes Polri. Bahkan, koordinasi pencarian buronan KPK tersebut sudah pada tahap penindakan saat Harun Masiku dikabarkan tengah berada di Malaysia.

"Kan koordinasi sudah dari dulu, kita minta supaya diterbitkan Red Notice (Peringatan Internasional), sudah, ke interpol, sudah," ucap Wakil Ketua KPK itu pada Kamis 27 Juli 2023.

Hanya saja, KPK mengaku enggan bertindak gegabah dalam menindaklanjuti informasi yang saat ini tengah beredar. KPK menyebut akan memastikan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan. Mengingat, sebelumnya KPK sempat terkecoh soal keberadaan Harun Masiku di Malaysia setelah pihaknya menerjunkan tim, dan tak mendapatkan hasil.

Persembunyian Harun Masiku memang belum dapat dipastikan. Bagaimana respons dugaan Harun Masiku bersembunyi di Kamboja dan berganti kewarganegaraan? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Buron KPK Harun Masiku Dikabarkan Ada di Kamboja

3 dari 3 halaman

Infografis Respons Dugaan Harun Masiku Sembunyi di Kamboja dan Ganti Kewarganegaraan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.