Sukses

3 Politisi Ramai-Ramai Sambangi Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Mulai Prabowo, Zulhas, hingga Anies

Belakangan ini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti cukup disorot. Bagaimana tidak, sejumlah politisi mulai dari menteri hingga bakal calon presiden (capres) mendatanginya.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti cukup disorot. Bagaimana tidak, sejumlah politisi mulai dari menteri hingga bakal calon presiden (capres) mendatanginya.

Yang pertama menyambangi Susi di kediamannya di Pangandaran, Jawa Barat adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Kunjungan Prabowo ke kediaman Susi Pudjiastuti dipamerkan keduanya lewat akun Instagram terverifikasinya @prabowo, Senin 17 Juli 2023.

Saat dikonfirmasi, keduanya sedang tidak menjalani agenda politik, melainkan aksi pelestarian lingkungan dengan melepas sekelompok tukik bersama Pandu Laut Nusantara, kelompok swadaya masyarakat yang bergerak di bidang terkait.

"Bersama Ibu @susipudjiastuti115 dan warga Pangandaran, melepas Tukik (Anak Penyu) sekaligus melakukan bersih-bersih Pantai Pangandaran," tulis Prabowo yang juga merupakan Ketua Umum Partai Gerindra itu dalam caption Instagramnya @prabowo.

Menyusul Prabowo, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan alias Zulhas juga datang ke Pangandaran, Jawa Barat untuk menyambangi kediaman Susi Pudjiastuti. Namun meski begitu, Ketua Umum PAN itu belum mau membeberkan isi pertemuannya dengan Susi Pudjiastuti.

"Terkait pertemuan sama Ibu Susi seperti yang Prabowo lakukan itu, rahasia kita," ujar Zulhas kepada wartawan, Kamis 20 Juli 2023.

Dan baru-baru ini, bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat, Senin sore 24 Juli 2023.

Anies langsung disambut oleh Susi yang saat itu mengenakan setelan dengan motif bunga yang berwarna-warni. Sembari menyapa, Anies langsung menanyakan kabar Susi.

"Apa kabar?," sapa Anies.

"Baik, tapi sunset-nya gone, somebody stole the sun," jawab Susi dengan bercanda dan langsung ditanggapi dengan tawa keduanya.

Berikut mereka yang ramai-ramai sambangi kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Di tengah tanda tanya terkait bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto, pada Senin, 17 Juli 2023, tampak wajah tidak asing tengah mendampingi sang Menteri Pertahanan dalam sebuah agenda di Pantai Pangandaran. Dia adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Saat dikonfirmasi, keduanya sedang tidak menjalani agenda politik, melainkan aksi pelestarian lingkungan dengan melepas sekelompok tukik bersama Pandu Laut Nusantara, kelompok swadaya masyarakat yang bergerak di bidang terkait.

Berdasarkan sejumlah foto yang dibagikan oleh Tim Media Prabowo Subianto, sang Menteri Pertahanan tersebut tampak mengambil anak penyu yang berada di sebuah boks putih. Secara perlahan anak penyu ia lepaskan ke Pantai Pangandaran. Tidak tanggung, mantan Danjen Kopassus itu melakukannya secara totalitas dengan melepaskan alas kaki agar leluasa bergerak.

"Bersama Ibu @susipudjiastuti115 dan warga Pangandaran, melepas Tukik (Anak Penyu) sekaligus melakukan bersih-bersih Pantai Pangandaran," tulis Prabowo dalam caption Instagramnya @prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu turut berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melihat langsung proses pelestarian binatang-binatang laut bersama dengan warga Pangandaran.

"Terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan kepada saya oleh masyarakat, kelompok nelayan, dan para pelajar, serta kepada Pandu Laut Nusantara yang telah menyelenggarakan acara ini. Mari kita jaga kelestarian agar ekosistem di laut kita dapat terjaga dengan baik," kata Prabowo.

Kemudian, sejumlah momen dari naik mobil bareng, makan siang, hingga berada di pantai menyita perhatian publik. Prabowo Subianto bercerita, dijamu seafood yang dimasak Susi Pudjiastuti. Capres dari Partai Gerindra ini juga berkelakar soal alasan wajib mampir ke rumah presenter program Susi Cek Ombak.

"Pada kunjungan ke Pangandaran pagi hari ini saya juga diminta mampir ke kediaman Ibu Susi Pudjiastuti untuk mencoba hidangan khas laut yang beliau masak sendiri," tulis Prabowo sembari mengunggah lima foto bareng koleganya.

Terkait alasan mampir ke rumah Susi Pudjiastuti, ia berseloroh, "Saya khawatir ditenggelamkan jika tidak menyempatkan diri untuk mampir dan mencicipi masakan khasnya."

Masih dalam unggahan yang sama, Prabowo pun menitipkan pesan untuk Susi Pudjiastuti agar menghentikan kebiasaan merokoknya.

"Saya sudah menasihati Ibu Susi untuk berhenti merokok!" demikian tulis Prabowo.

 

3 dari 4 halaman

2. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan alias Zulhas datang ke Pangandaran, Jawa Barat untuk menyambangi kediaman mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) Susi Pudjiastuti.

Namun meski begitu, Ketua Umum PAN itu belum mau membeberkan isi pertemuannya dengan Susi Pudjiastuti.

"Terkait pertemuan sama Ibu Susi seperti yang Prabowo lakukan itu, rahasia kita," ujar Zulhas kepada wartawan, Kamis 20 Juli 2023.

Selain pertemuan dengan Susi, Zulhas juga menggelar rapat konsolidasi dengan ribuan kader PAN. Dalam acara itu, dia mengatakan partainya masih berpihak pada partai koalisi yang mendukung pemerintah.

"Koalisi tetap dengan partai pemerintah, mudah-mudahan bulan depan sudah kelihatan bentuknya," tegasdia.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan beberapa tujuan PAN pada Pileg 2024 mendatang. Untuk DPR RI, ia membidik 11 kursi.

Selain memperkuat kursi di DPR RI, Zulhas juga mengincar calon gubernur dan wakil gubernur usungan PAN moncer di Jawa Barat.

 

4 dari 4 halaman

3. Bakal Capres Anies Baswedan

Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti di Pangandaran, Jawa Barat, Senin sore 24 Juli 2023.

Setiba di Pangandaran, kedatangan Anies disambut hangat Susi beserta sekeluarga. Anies mengenakan, kemeja plus rompi biru.

Anies langsung disambut oleh Susi yang saat itu mengenakan setelan dengan motif bunga yang berwarna-warni. Sembari menyapa, Anies langsung menanyakan kabar Susi.

"Apakabar?," sapa Anies.

"Baik, tapi sunset-nya gone, somebody stole the sun," jawab Susi dengan bercanda dan langsung ditanggapi dengan tawa keduanya.

Perbincangan keduanya berlanjut hingga International Beach Strip, menikmati deburan ombak dan langit senja Pangandaran sambil minum air kelapa muda. Rencananya, Anies bakal bermalam di kediaman Susi.

Anies Baswedan melanjutkan kunjungannya di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Selasa pagi (25/7/2023).

Pada hari kedua di Pangandaran ini, nampak, Anies dan Susi berkendara keliling pesisir Pantai Pangandaran dengan pikap yang dikemudikan langsung oleh Susi.

"Ini keren sekali manual (transmisi mobil) lagi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (25/7/2023).

Susi dengan antusias menyampaikan ke Anies bahwa angin pantai Pangandaran memanh cocok dinikmati dengan naik pick up.

Keduanya berkendara ke arah pelabuhan, mengunjungi tempat pelelangan Ikan di dekat pelabuhan. Setibanya di sana, Anies dan Susi tak lupa berinteraksi dengan para nelayan di pesisir Pantai Pangandaran

"Kita mau jalan ke Pelabuhan kurang lebih 3 kilometer dari sini, di sana ada tempat pelelangan ikan untuk menjual ikan yang fresh yang diambil nelayan saat itu juga," ucap Susi kepada Anies.

Kehadiran keduanya pun juga langsung disambut hangat oleh nelayan pantai setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.