Sukses

Kebakaran Rumah Sakit Hermina Depok Terjadi di Dapur, Tak Merembet ke Ruang Pasien

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok melakukan pemadaman api yang menyala di Rumah Sakit Hermina Depok.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok melakukan pemadaman api yang menyala di Rumah Sakit Hermina Depok. Diduga api yang berasal dari bagian dapur membakar sebagian ruang tersebut hingga petugas DPKP Kota Depok bergerak memadamkan api.

Komandan Regu DPKP Pos Kembang, Bayu mengatakan, kebakaran di RS Hermina terjadi jelang dini hari.

Usai mendapatkan laporan petugas DPKP Kota Depok Mako Kota Kembang mendatangi lokasi dan langsung berusaha memadamkan api.

"Kami membawa 30 anggota dan lebih dari 10 mobil pompa air untuk memadamkan api di bagian atas RS Hermina," ujar Bayu, Sabtu (22/7/2023).

Dia menjelaskan, api berasal dari bagian dapur lantai limaRumah Sakit Hermina Depok yang saat itu sedang terdapat aktivitas memasak. Api yang berasal dari ruangan dapur mengarah bagian atap atau cerobong asap bagian dapur.

"Kebakaran di ruangan dapur menghanguskan ruangan tersebut sekitar 80 persen," jelas Bayu.

Saat petugas DPKP Kota Depok datang, pegawai di rumah sakit tersebut sedang berusaha memadamkan api sebelum diambil alih petugas pemadam.

Selain itu, alat pendeteksi asap yang mampu mengeluarkan air turut berfungsi untuk membantu memadamkan api.

"Alat pendeteksi ya berfungsi, jadi kami ikut terbantu memadamkan api," ucap Bayu.

Dia mengungkapkan, pada saat kejadian kebakaran tidak ditemukan korban jiwa maupun luka, namun beberapa pasien ikut di evakuasi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran di bagian dapur, namun sementara tidak ditemukan tabung gas terbakar.

"Kalau secara detailnya kami belum tahu pasti, nanti itu ranahnya di kepolisian," ungkap Bayu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Merembet ke Ruang Pasien

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos menerangkan, api diduga bersumber dari ruang pantri di lantai 5 gedung.

"Informasi sementara hanya dari pantri kebakarannya. Pantri di lantai 5," kata dia saat dihubungi, Sabtu (22/7/2023).

Welman menerangkan, sebanyak delapan unit mobil pemadam dikerahkan. Beruntung, api dengan cepat berhasil dijinakan dan tak merembet ke ruangan lainnya.

"Belum (merembet) masih di lantai 5 itu kan banyak ruangan. Tapi tidak sampai ke ruangan pasien. Baru di pantri saja," ujar dia.

Welman menyebut, penyebab kebakaran sedang dalam penyelidikan. Saat ini, situasi sudah aman dan terkendali. 

"Kebakaran sudah berhasil kita atasi dalam tempo dua jam," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.