Sukses

Infografis Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Ganjar Pranowo

Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Ganjar Pranowo menyiratkan adanya nuansa politis. Kendati, keduanya dalam kapasitas sebagai Menko Perekonomian dan Gubernur Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden atau Pilpres 2024 tak sampai hitungan penuh 7 bulan ke depan. Seiring semakin dekatnya Pilpres 2024, sejumlah elite partai politik maupun bakal calon presiden atau bacapres kerap menggelar silaturahmi politik yang antara lain demi penjajakan koalisi.

Tengok saja, pertemuan antara Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin 17 Juli 2023. Kendati, pertemuan keduanya masing-masing dalam kapasitas sebagai Menko Bidang Perekonomian dan Gubernur Jawa Tengah.

Toh, usai pertemuan, baik Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar maupun Ganjar Pranowo sebagai bacapres PDIP (Partai Demokraksi Indonesia Perjuangan) menyiratkan adanya pembicaraan politis. Terlebih, kedua tokoh tersebut tampak akrab saat jamuan makan siang.

"Kalau di ruang rapat tidak ada (obrolan selain Proyek Strategis Nasional), kalau sebelum rapat pasti adalah. Ini teman dari dulu. Karena dekat, sinyalnya tinggi. Kalau jauh sinyalnya roaming namanya," ujar Airlangga Hartarto.

Airlangga pun seolah-olah memberi sinyal Partai Golkar dan PDIP dekat. Dia menjelaskan kedekatan itu terlihat saat dirinya menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu 24 Juni 2023.

"Kalau di ulang tahunnya PDIP waktu itu duduknya juga dekat saya dengan Pak Ganjar (Ganjar Pranowo). Jaraknya sama, bedanya di tengah ada Pak Presiden (Presiden Joko Widodo), Bu Mega (Megawati Soekarnoputri), dan sebelah saya Mbak Puan (Puan Maharini). Kalau dari situ jaraknya dekat. Kalau Pak Ganjar sama saya, sama sama lulusan Gajah Mada," tutur Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Ganjar yang mendengar jawaban Airlangga hanya tersenyum. Bacapres PDIP itu pun menceritakan hidangan makan siang mereka, tanda keakraban keduanya. "Tadi ada pecel, tapi Beliau makannya sedikit."

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam pertemuan itu mengaku membahas soal Proyek Strategis Nasional (PSN). Selain itu, Ganjar menyebut dirinya dan Airlangga merupakan teman lama, karena sama-sama lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Ganjar Pranowo tentu saja menarik perhatian sejumlah elite partai politik, terutama PDIP. Bagaimana respons Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Pertemuan Airlangga Hartarto dengan Ganjar Pranowo

3 dari 3 halaman

Infografis Airlangga Hartarto Bertemu Ganjar Pranowo, Ini Respons PDIP

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini