Sukses

Kegiatan The 2nd ICC IRS 2023 Ditutup, Diharapkan Terus Berkelanjutan

Kegiatan The 2nd International Conference on Christian and Inter-Religious Studies (ICC-IRS) 2023 yang berlangsung di ballroom Palacio Hotel Aston Kupang, NTT resmi ditutup pada Minggu (16/7/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan The 2nd International Conference on Christian and Inter-Religious Studies (ICC-IRS) 2023 yang berlangsung di ballroom Palacio Hotel Aston Kupang, NTT resmi ditutup pada Minggu (16/7/2023).

Kegiatan yang berlangsung dari 13 Juli itu mendapat apresiasi dari Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid yang sempat membuka kegiatan tersebut. "Pak Wamen mengucapkan selamat acaranya excellent. Nilainya 100," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Bimas Kristen Kemenag, Johni Tilaar dalam keterangannya.

Dia pun menuturkan, bahwa Kegiatan The 2nd ICC-IRS ini sudah dievaluasi. Diharapkan akan terus berkelanjutan.

"Bahwa setelah dievaluasi rencananya Kegiatan The 2nd ICC IRS akan terus dilaksanakan setiap tahun secara berganti," ungkap Johni.

Dia pun menegaskan, kegiatan ini memberikan perhatian kepada pendidikan Kristen, teologi, seni, Psikologi, Religious studies dan perkembangan manusia, yang telah memberikan warna tersendiri dalam pendidikan Kristen bukan hanya di Indonesia namun luar negeri.

Johni menegaskan,ada 2 dampak positif dari kegiatan The 2nd ICC IRS, yakni adanya pertukaran pengetahuan, gagasan, ide antara peserta dari dalam dan luar negeri. Serta pemahaman yang mendalam tentang hubungan antar agama, pendidikan, seni dan kemajuan teknologi dalam konteks pembangunan manusia yang lebih holistik dan ekologi.

"Melalui konferensi ini kita saling mendorong satu dengan yang lainnya sebagai binaan ditjen bimas Kristen," ungkap Johni.

"Semua pemikiran baru, perspektif yang beragam dan wawasan yang tajam telah memberikan kita bekal untuk melangkah maju dan memberikan kontribusi bagi masyarakat di Republik Indonesia," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Workshop

Workshop penulisan artikel dan pengelolaan jurnal berbasis OJS ini merupakan bagian dari susunan acara hari ke-dua kegiatan The 2nd ICC-IRS 2023. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aston Kupang pada Sabtu, (15/7/2023) dan dibuka langsung oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI (Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd).

Adapun pembicara dari kegiatan workshop ini adalah Husni Teja Sukmana, S.T., M.Sc, Ph.D dan Muhamad Nanang Suprayogi, S.Psi, M.Si, Ph.D.

Kegiatan workshop ini menumbuhkan semangat menulis bagi para peserta yang notabene sebagai peneliti dan dosen yang datang dari berbagai daerah.

Setiap dosen yang ada di perguruan tinggi diharap mampu membuat penelitian dalam jangka panjang. Tujuannya agar dapat memberikan kontribusi di tingkat perguruan tinggi. Makin banyak karya-karya dosen yang terpublikasi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dosen yang tentunya akan berdampak pada perguruan tinggi.

Publikasi jurnal yang dilakukan oleh dosen masih bersifat personal untuk itu kegiatan ini menjadi sarana dan panggung. Paper yang dibuat oleh dosen tidak hanya sekedar dibaca melainkan juga menjadi rujukan bagi masyarakat agar ilmu yang mereka raih dapat berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.