Sukses

Kunjungan ke Jawa Barat, Jokowi Resmikan Jalan Tol Cisumdawu Hari Ini

Presiden Jokowi diagendakan meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat pada Selasa (11/7/2023). Jokowi diagendakan meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang ada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Berdadarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Jawa Barat dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 07.20 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Kertajati, Kabupaten Majalengka, sekitar pukul 08.00 WIB, Jokowi disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Jokowi langsung meninjau fasilitas bandara tersebut.

Selepas itu, dia akan beranjak menuju terowongan twin tunnel, Tol Cisumdawu KM 169, Kabupaten Sumedang. Disana, Jokowi direncanakan meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). 

Selanjutnya, Kepala Negara akan menuju Pasar Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, untuk meninjau sekaligus memberikan bantuan sosial bagi para pedagang.

Setelahnya, Jokowi akan bermalam di Kota Bandung untuk melanjutkan kunjungan kerja esok hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Cisumdawu Membentang Sepanjang 61,75 Kilometer

Sebagai informasi, jalan tol Cisumdawu akan membentang sepanjang 61,75 kilometer menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan, Kabupaten Cirebon.

Menurut Gubernnur Jawa Barat Ridwan Kamil, dengan keberadaan jalan tol Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jabar, setidaknya mencapai 6 persen tahun 2023.

"Mudah-mudahan semua PSN (Proyek Strategis Nasional) di Jawa Barat lancar. Setiap kenaikan Jabar sama dengan kenaikan Indonesia," ujar Ridwan Kamil dalam siaran pernya, Bandung, Sabtu, 24 Juli 2023.

Tol Cisumdawu akan jadi akses cepat menuju Bandara Kertajati. Dari Cileunyi ke Kertajati nantinya hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3 - 4 jam.

Tol ini juga telah menerapkan teknologi geofoam EPS, sebuah bahan konstruksi ringan yang dapat menahan longsor akibat tanah labil.

Ridwan Kamil mengatakan pemerintah berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, di antaranya dengan menghadirkan jalan tol.

"Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan multiplier effect yang nyata dirasakan masyarakat," kata Ridwan Kamil.

Selain fungsi dan teknologi, jalan tol Cisumdawu juga menawarkan pemandangan Gunung Geulis dan Gunung Manglayang yang ada di Kabupaten Sumedang.

Tol Cisumdawu juga memberikan pengalaman berkendara yang unik karena pengendara akan melewati terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter yang membelah perut bukit Cigendel di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini