Sukses

Kagum pada Suku Batak, Prabowo: Mereka Rata-rata Jagoan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan kekagumannya pada masyarakat suku Batak. Bahkan, mantan Danjen Kopassus itu menyebut orang Batak di tentara rata-rata jagoan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan kekagumannya pada masyarakat suku Batak. Bahkan, mantan Danjen Kopassus itu menyebut orang Batak di tentara rata-rata jagoan.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Rakernas Marga Simbolon "Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia" (PSBI) di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta, Jumat, (7/7/2023).

"Saya heran juga di tentara begitu banyak orang Batak dan rata-rata memang jagoan. Lihat saja dari sejarah kita, ada TB Simatupang. Di usia muda sudah menjadi Kepala Staf Angkatan Perang, tangan kanan Pak Sudirman dan Nasution. Terus ada Maraden Pangabean, Faisal Tanjung, Romulu Simbolon dan Luhut Binsar Pandjaitan," kata Prabowo Subianto.

"Ada lawyer, advokat. Yang paling jago Batak juga seperti Hotman Paris Hutapea. Di politik juga ada Effendi Simbolon. Pokoknya banyaklah," kata Prabowo.

Prabowo melanjutkan, selain piawai di segala bidang, orang Batak juga dikenal jagoan dalam hal fisik.

"Dan memang ciri khas orang Batak itu satu, fisiknya kuat mungkin di daerah Batak itu banyak gunung ya, jadi harus naik turun gunung," ucap bakal calon presiden (capres) 2024.

Tak hanya itu, Prabowo juga menyoroti kepiawaian warga suku Batak dalam bidang musik, khususnya bernyayi. "Coba lihat mereka menyanyi, sangat bagus," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini pun mengaku punya hubungan emosional khusus dengan marga Simbolon.

"Saya punya banyak hubungan emosional dengan marga Simbolon ini. Jadi kawan-kawan saya dulu di tentara, berpuluh tahun menjadi teman saya dalam perjuangan hadir di sini," kata Prabowo.

Kawan-kawan yang dimaksud Prabowo juga hadir dalam agenda tersebut, antara lain Mahidin Simbolon, Romulo Simbolon hingga Ketua Umum PSBI sekaligus anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon.

"Saya kira juga hubungannya sudah cukup lama, enggak usah saya sebutlah hubungan orang tua saya dengan tokoh-tokoh dari marga Simbolon," tuturnya.

Lebih lanjut, Prabowo menyebut, kehadirannya dalam forum milik PSBI merupakan bagian dari hubungan emosionalnya dengan marga Simbolon.

"Saya juga agak kaget karena undangan ini baru dua hari lalu, biasanya acara saya (undangannya) dua minggu sebelumnya, tapi karena ini Simbolon," ujar Prabowo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Diundang untuk Memberi Pencerahan soal Pertahanan Negara

Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon mengungkapkan kedatangan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan untuk memberikan pencerahan dalam pertahanan negara dan Indonesia ke depan.

"Kami memutuskan untuk mengundang Menteri Pertahanan Indonesia Pak Prabowo untuk memberikan pencerahan dalam hal pertahanan negara dan Indonesia ke depan. Seperti yang kita dengar tadi beliau ingin menyampaikan banyak ya," ujar Effendi. 

Effendi juga mengatakan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi konsumsi untuk memilih nakhoda pemimpin ke depan yang andal dan kuat meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi yang dianggap berhasil. 

"Keberhasilan ini terus kita lanjutkan. Kami dari organisasi kemasyarakatan politik, biarlah kami menjadi bagian pendengar," ujar Effendi.

Prabowo juga mengucapkan selamat rakernas ke-16 kepada marga Simbolon. Ia berharap dengan adanya acara ini dapat memperkuat pertahanan Indonesia terutama keragaman ras, suku, bangsa.

"Saya ucapkan selamat rakernas. Saya kira saudara-saudara harus bangga silsilah dengan sejarah, latar belakang mereka yang tidak mengerti asal usul mereka. Kadang mereka bingung dengan dinamika, persaingan dan sebagainya," kata Prabowo. 

"Saya kira ini himpunan seperti PSBI saya lihat niatnya baik. Niatnya adalah untuk memelihara adat istiadat, mengenang asal usul budaya adat istiadat," tambahnya. 

Diakhir acara, Prabowo diberikan Ulos sebagai tanda kehormatan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.