Sukses

4 Pernyataan Jakpro hingga Dishub DKI Jakarta Usai Ikut Tinjau JIS, Salah Satu Venue Lokasi Piala Dunia U-17 2023

Pada Selasa 4 Juli 2023 sejumlah pejabat meninjau Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, di antaranya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin.

Liputan6.com, Jakarta - Chairman Karya Rama Prima (KaErpe) Qamal Mustaqim, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Syafrin Liputo, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thohir pada Selasa 4 Juli 2023 meninjau Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Seperti yang diketahui, JIS menjadi salah satu opsi venue laga Piala Dunia U-17 2023. Usai meninjau, Dirut PT Jakpro Iwan Takwin mengatakan, pada tahap awal renovasi pihaknya akan fokus memperbaiki akses dari dan menuju JIS.

"(Pengerjaan awal) akses-akses ya. Secepat mungkin (akan dimulai perbaiki). Tadi targetnya kan 3 bulan, Pak Menteri sudah sampaikan, dikasih target 3 bulan. Kami bisa, upayakan akselerasi, harus kurang dari 3 bulan karena kan ada pengetesan dan lain-lain ya," kata Dirut PT Jakpro Iwan Takwin ditemui usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa 4 Juli 2023.

Menurut Iwan, salah satu akses keluar masuk JIS yang bakal dibuka ialah Sisi Timur tembus Jalan RE Martadinata. Akses Sisi Timur sendiri juga berdekatan dengan rel timur Stasiun Kereta Api Indonesia (KAI) Ancol.

"Nah akses dari kami, sisi timur akan kami buka dari samping lapangan lari, keluar langsung nyebrang rel tembus RE Martadinata," ungkap Iwan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengubah lahan proyek Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara sebagai lahan parkir tambahan JIS. Ada pun JIS akan direnovasi karena jadi opsi venue Piala Dunia U-17.

Proyek ITF Sunter itu berada di belakang JIS. Proyek pengolahan sampah ini diketahui mandek walau pernah masuk tahap groundbreaking pada 2018 silam.

"Nanti di depan sini diperuntukan untuk ITF itu akan full menjadi lokasi parkir. Jadi akan ada tambahan lokasi parkir," kata Kepala Dinas Perhubungan atau Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Berikut sederet pernyataan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin hingga Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo usai turut serta meninjau langsung Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara yang jadi opsi venue laga Piala Dunia U-17 2023 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jakpro Bakal Buka Akses Sisi Timur JIS dan Tambah Kantong Parkir Kapasitas 1.000 Mobil

Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan, pada tahap awal renovasi pihaknya akan fokus memperbaiki akses dari dan menuju Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

"(Pengerjaan awal) akses-akses ya. Secepat mungkin (akan dimulai perbaiki). Tadi targetnya kan 3 bulan, Pak Menteri sudah sampaikan, dikasih target 3 bulan. Kami bisa, upayakan akselerasi, harus kurang dari 3 bulan karena kan ada pengetesan dan lain-lain ya," kata Iwan ditemui usai meninjau JIS, Jakarta Utara, Selasa 4 Juli 2023.

Menurut Iwan, salah satu akses keluar masuk JIS yang bakal dibuka ialah Sisi Timur tembus Jalan RE Martadinata. Akses Sisi Timur sendiri juga berdekatan dengan rel timur Stasiun Kereta Api Indonesia (KAI) Ancol.

"Nah akses dari kami, sisi timur akan kami buka dari samping lapangan lari, keluar langsung nyebrang rel tembus RE Martadinata," ungkap Iwan.

Dia menyampaikan, akses Sisi Timur itu nantinya dapat dilewati mobil hingga bus. Namun, para bus pemain sepak bola dipastikan akan punya akses masuk lewat Sisi Barat JIS, selepas direnovasi Kementerian PUPR dengan membongkar pintu tiket.

"Pemain bisa turun di sini (Sisi Barat JIS), tadi sudah kami simulasikan," ujar dia.

 

3 dari 5 halaman

2. Jakpro Bakal Bangun Jembatan Penyebrangan

Selain itu, kata Iwan, nantinya juga bakal dibangun jembatan penyebrangan untuk memudahkan mobilitas masyarakat ke parkiran yang berada di sisi timur Ancol. Untuk jembatan, akan dibangun oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Nanti orang nggak perlu nyebrang, nggak perlu muter jembatan yang sana (sisi timur Ancol), bisa langsung ke JPO, itu yang pertama, yang kedua langsung tembus ancol juga, dibangun PUPR," kata dia.

Tak hanya itu, dia menyebut, lahan parkir JIS dekat Gerbang Karnaval Ancol akan turut ditambah dengan kapasitas tampung sekitar 1.000 mobil.

"Nah nanti ada jembatan penyebrangan yang langsung ke parkiran ancol di sisi timur Ancol, nah ada lahan yang mau kita inikan dengan Ancol dekat Karnaval, itu area parkir tambahan bisa 1.000 mobil lebih," jelas Iwan.

 

4 dari 5 halaman

3. Dishub DKI Jakarta Sebut JIS Bakal Punya Stasiun KRL

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebut progres pembangunan stasiun kereta rel listrik (KRL) di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah mencapai 30 persen.

"Saat ini sedang kami siapkan stasiun KRL sementara di JIS. Pembangunannya sudah 30 persen," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dikutip dari Antara, Selasa 4 Juli 2023.

Pembangunan stasiun di dekat JIS ini, harap Syafrin, dapat memperkuat layanan transportasi warga yang ingin menuju JIS.

Selain itu, Syafrin mengatakan pembangunan Stasiun KRL di kawasan JIS ini terkendala karena harus menunggu pemasangan tutup beton tiang penyangga (pile cap) pembangunan Tol Harbour Road II agar pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) ke lokasi stadion bisa segera dilaksanakan.

"Kami sedang menyiapkan untuk percepatan, tetapi memang ada kendala karena di sana sedang ada pembangunan Tol Harbour Road II. Di mana salah satu pile cap dari tol ini, termasuk yang harus diselesaikan, kemudian barulah kami bisa membangun jembatan penyeberangan orang ke area pejalan kaki di kawasan JIS, khususnya di sisi timur," ucap Syafrin.

Setelah pembangunan tol selesai, kata Syafrin, pihaknya baru dapat membangun JPO yang menghubungkan ke area pejalan kaki di sisi timur JIS. Sedangkan peron stasiun KRL tersebut saat ini masih dalam proses penyelesaian.

 

5 dari 5 halaman

4. Dishub DKI Jakarta Sebut Lahan Proyek ITF Sunter yang Mandek Bakal Jadi Tempat Parkir JIS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mengubah lahan proyek Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara sebagai lahan parkir tambahan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Adapun JIS akan direnovasi karena jadi opsi venue Piala Dunia U-17.

Proyek ITF Sunter itu, berada di belakang JIS. Proyek pengolahan sampah ini diketahui mandek walau pernah masuk tahap groundbreaking pada 2018 silam.

"Nanti di depan sini diperuntukan untuk ITF itu akan full menjadi lokasi parkir. Jadi akan ada tambahan lokasi parkir," Syafrin.

Selain lahan ITF Sunter, sejumlah lahan di Kampung Bambu, Papanggo, Jakarta Utara juga bakal disulap jadi lokasi parkir tambahan. Penambahan ini, kata Syafrin guna mengoptimalkan lahan parkir JIS yang sudah ada di kawasan Ancol.

"Kantung parkir akan ditambah di kampung. Luas lahannya sekitar 5.000 meter yang akan dioptimalkan tambahan selain yang ada di Ancol," kata dia.

Pemprov DKI Jakarta, ujar Syafrin akan bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait pemanfaatan lahan Kampung Bambu sebagai lahan parkir tambahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.