Sukses

DPRD DKI Jakarta Sambut Baik Keinginan Pemerintah Pusat Perbaiki JIS

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani menyatakan, menyambut baik niatan pemerintah pusat yang meminta Jakarta International Stadium (JIS) direnovasi untuk opsi venue Piala Dunia U-17.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani menyatakan, menyambut baik niatan pemerintah pusat yang meminta Jakarta International Stadium (JIS) direnovasi untuk opsi venue Piala Dunia U-17.

"Yang pasti kalau ada niat baik kenapa tidak kita sambut dengan baik juga, apalagi demi semangat persepakbolaan nasional yang mungkin bisa go internasional," kata Rani kepada Liputan6.com, dikutip Sabtu (1/7/2023).

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar JIS direnovasi. Keinginan Jokowi ini, disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Atas hal tersebut, Rani juga bertanya ihwal peluang pengelolaan JIS secara penuh oleh pemerintah pusat terkait ambil alih renovasi. Mengingat, selama ini JIS dikelola pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Asalkan semua jelas alurnya, kalau RI 1 mau ambil alih apakah jadinya JIS menjadi binaan pusat atau tetap hak pemprov DKI namun dapat bantuan binaan pusatkah?," ujar Rani

Politikus Gerindra ini menyebut, sebagai pengelola JIS seluruh biaya perbaikan JIS selama ini ditanggung Pemprov DKI dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Selain itu, kata dia sejak diresmikan pada Minggu, 24 Juli 2022 silam pengalaman JIS menghelat event skala besar pun belum banyak.

"Karena seperti kita tau biaya JIS selama ini kan menjadi tanggungan APBD DKI dan cukup besar juga, dan peruntukannya belum maksimal sampai saat ini event besar sepertinya sepanjang yang saya tau baru Sholat Hari Raya dan konser musik," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menpora Akan Kunjungi JIS

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, pihaknya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat untuk mengecek bagaimana kondisi JIS apakah layak digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Memang beberapa catatan buat Jakarta Internasional Stadium (JIS) itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa. Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini," kata Dito, saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu 28 Juni 2023.

"Karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," sambungnya.

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan apakah JIS akan digunakan untuk Pildun U-17. Sebab, Indonesia memiliki 22 Stadion untuk digunakan.

"Nah ini kalau untuk Pildun U-17 kita akan membahas selanjutnya, tapi yang pasti target kita adalah, dari Bapak Presiden adalah 22 stadion di Indonesia ini bisa digunakan kapanpun dan mengapapun," ujar dia.

"Intinya kita ada stadion Manahan Solo, ada Bung Tomo Surabaya, ada stadion di Sumsel dan ada GBK, di Jakarta juga ada JIS dan banyak lainnya, ini kita masuk kita tambahkan menjadi opsi penyelenggaraan Pildun U-17, dan itu nanti pasti yang harus membahas adalah Kemenpora, PSSI, dan FIFA," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.