Sukses

Jokowi Salurkan 38 Ekor Sapi untuk Idul Adha, Beratnya Capai 1,2 Ton

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 38 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 38 ekor sapi sebagai hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Adapun 38 ekor sapi tersebut akan disalurkan ke masing-masing provinsi yang ada di Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan jumlah sapi yang disalurkan Presiden Jokowi pada Idul Adha 2023 ini bertambah, dibandingkan tahun lalu yang hanya 34. Hal ini menyusul jumlah provinsi di Indonesia yang bertambah menjadi 38.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu 34 provinsi sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38," jelas Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Menurut dia, sapi-sapi kurban tersebut akan didistribusikan ke lokasi-lokasi yang diusulkan oleh masing-masing gubernur tiap provinsi. Heru menuturkan sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 900 kilogram hingga 1,2 ton.

"Tadi saya sampaikan (beratnya) rata-rata 900 (kilogram) sampai 1,2 ton," ujarnya.

Dia memastikan bahwa hewan kurban yang disumbangkan Jokowi merupakan sapi-sapi terbaik. Pasalnya, 38 ekor sapi itu telah dicek kesehatannya dan bebas dari penyakit kuku dan mulut.

"Bagaimana proses pendistribusiannya. Pertama, adalah Sekretariat Presiden bekerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Agama, Dirjen Dinas Agama untuk bisa memberikan yang terbaik sapi-sapi dari Bapak Presiden, dicek kesehatannya, harus bebas dari penyakit mulut dan kuku," kata Heru

"Dan tentunya bobotnya (sapi) juga antara 900 kilogram sampai 1,2 ton," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis Sapi yang Disumbang Jokowi Beragam

Dia menerangkan sapi yang disumbangkan Jokowi pada Idul Adha 2023 ini beragam. Mulai dari, sapi jenis simental, limosin, brahman, hingga ongole.

"Jenisnya apa saja? Jenisnya adalah jenis sapinya adalah simental, limosin angus, brahman dan tentunya peranakan ongole dari sapi Bali. Dan tadi saya sampaikan rata-rata 900 sampai 1,2 ton," tutur dia.

Khusus di DKI Jakarta, Jokowi akan menyalurkan hewan kurban di Masjid Istiqlal. Sapi tersebut berjenis simental dengan bobot 1,2 ton.

"Di Jakarta Bapak Presiden akan memberikan sapi kepada Masjid Istiqlal yang jenis apinya adalah simental, beratnya adalah 1,2 ton atau 1.200 kg, jenisnya jantan," pungkas Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.