Sukses

Figur Cawapres dan Efek Jokowi Dinilai Jadi Variabel Penentu Pemenangan Ganjar di Pilpres

Karyono mengatakan, suka tidak suka Jokowi effect akan jadi salah satu penentu kemenangan di Pilpres 2024.

 

Liputan6.com, Jakarta - Jalan bakal calon presiden Ganjar Pranowo menuju kemenangan Pemilhan Presiden (Pilpres) 2024 akan semakin mudah. Ganjar saat ini dinilai sudah mengantongi beberapa faktor penentu kemenangan. 

Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan ada beberapa variabel yang menentukan kemenangan di Pilpres 2024. Pertama, Jokowi effect (efek Jokowi); kedua, dukungan partai politik; ketiga, figur cawapres; dan keempat, soliditas tim pemenangan.

Karyono mengatakan, suka tidak suka Jokowi effect akan jadi salah satu penentu kemenangan di Pilpres 2024.  

"Pasangan mana yang mampu merebut Jokowi effect, akan berpotensi menambah suara. Bagaimanapun juga Pak Jokowi masih cukup besar pengaruhnya di masyarakat. Kemudian, Jokowi masih memegang kekuasaan. Sehingga Jokowi effect salah satu penentu kemenangan," kata Karyono.

Kemudian, faktor dukungan partai. Capres yang mampu membangun atau menggalang koalisi besar maka berpotensi akan mendapatkan dukungan suara lebih besar. Saat ini Ganjar didukung koalisi PDI Perjuangan, Perindo, PPP, dan Hanura. 

"Setelah Perindo, PPP, dan Hanura, yang sudah menyatakan bergabung dengan koalisi mengusung Ganjar, itu bisa memengaruhi psikologis partai lain ikut bergabung mendukung Ganjar Pranowo," ujar Karyono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Figur Cawapres Salah Satu Penentu Kemenangan

Selain dua variabel itu, ada variabel ketiga penentu kemenangan, yaitu figur cawapres. Cawapres yang tepat akan berpotensi meraup dukungan suara lebih besar. Penentuan figur cawapres harus mempertimbangkan keterwakilan daerah atau kesukuan.

"Meski ini tidak diatur di dalam regulasi, tetapi realitas politik acap kali akan mempertimbangkan pasangan yang mewakili dari aspek kedaerahan," katanya.

Variabel terakhir, soliditas dan efektivitas tim pemenangan. "Tim pemenangan harus mampu membuat strategi efektif yang dapat meningkatkan dukungan suara," kata Karyono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.