Sukses

Ditangani Dokter Ahli, Balita 3 Tahun Positif Sabu di Kalimantan Timur Kondisinya Membaik

Namun rehabilitasi balita positif sabu itu masih terus dilakukan sampai benar-benar pulih. Saat ini dia ditangani dokter dan tenaga ahli yang kompeten untuk memulihkan kondisinya.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengungkap kondisi terkini balita N di Kalimantan Timur, yang positif sabu usai diberi minum dari botol bekas yang mengandung narkoba. Bocah berusia 3 tahun tersebut diungkapkan mulai membaik setelah menjalani rehabilitasi. 

"Kemarin saya bersama Kepala Balai Rehab BNNP Kaltim sudah berkunjung ke balita N, dan melihat kondisi nya. Alhamdulillah sudah membaik," kata Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli saat dikonfirmasi, Selasa (13/6/2023).

Namun, kata Ary, rehabilitasi balita N masih terus dilakukan sampai benar-benar pulih. Ary mengatakan, balita N saat ini ditangani oleh dokter dan tenaga ahli yang kompeten untuk memulihkan kondisinya.  

"Memaksimalkan recovery akan dilakukan pemantauan langsung di Balai Rehab. Karena disana ada dokter dan tenaga ahli yang berkompeten untuk pemulihan kondisinya," ujarnya.

Balita 3 Tahun Positif Sabu Sempat Panas

Korban sudah mulai makan, minum dan tidur. Hal ini diungkapkan oleh Kuasa Hukum ibu korban, Dyah Lestari. Meski demikian, balita yang menjadi korban kasus positif sabu saat ini sedang dilakukan rehabilitasi di BNN Kaltim.

"Tadi pagi saat hendak melakukan kontrol, korban kembali mengalami panas, kemudian kami koordinasi dengan BNN dan diputuskan dilakukan rehabilitasi," katanya.

"Yang tangani ada enam dokter, untuk sampai kapan dilakukan rehab nanti BNN yang putuskan," terang wanita dari Biro Hukum TRC PPA Provinsi Kaltim.

Terkait dengan proses penanganan kasus balita positif sabu, pihaknya akan terus mengawal kasus tersebut hingga pelaku dijatuhi hukuman berat. Pasalnya, akibat perbuatannya tersebut dapat merusak kehidupan korban, bahkan jika lambat penanganan dapat menyebabkan kematian.

"Proses hukum semua kita serahkan ke pihak Polresta Samarinda, namun tetap kita kawal sampai pelaku dijatuhkan hukuman yang berat. Supaya kasus seperti ini tidak kembali terulang," kata Dyah sapaan akrabnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan Tersangka

 

Polisi telah menetapkan satu orang tersangka kasus balita positif sabu usai minum di rumah tetangganya. Tersangka berinisial ST (50), diketahui dengan sengaja memberikan air dalam botol bekas digunakan sebagai alat hisap sabu-sabu.

Air bekas penggunaan sabu itu diberikan oleh ST kepada balita tersebut, yang sebelumnya telah ia gunakan bersama dengan tetangga dari balita malang itu yakni RA.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Samarinda, Kompol Rengga Puspo Saputro, membenarkan adanya penetapan tersangka dalam kasus balita positif sabu ini.

Rengga menjelaskan bahwa air yang diminum oleh balita malang itu berasal dari dalam botol yang sebelumnya digunakan oleh pelaku untuk memakai sabu.

"Kemasan botol yang dipakai jadi bong ini yang diminum sama korban dan dia tidak mengira kalau itu masih ada efeknya," terang Kompol Rengga Puspo Saputro, saat dikonfirmasi Senin (12/6/2023).

Kompol Rengga mengatakan bahwa pelaku mengetahui jika air yang diberikan kepada balita tersebut merupakan bekas penggunaan sabu. Akan tetapi, ia tetap memberi minum kepada balita tersebut, sebab tidak menyangka jika ternyata akan berefek kepada sang balita.

"Dia (ST) tidak mengira jika sabu itu masih ada efek saat diminum. Walaupun dia tahu itu habis dipakai buat nyabu," bebernya.

Saat ini ST telah ditahan pihaknya dan dijerat dengan Pasal 89 juncto pasal 76 UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini