Sukses

Jokowi dan Prabowo Bertemu di Malaysia, Sudah Bahas Proposal Perdamaian Rusia-Ukraina?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Malaysia, Rabu (7/6/2023), usai dari Singapura. Setibanya di hotel tempatnya menginap, Jokowi disambut oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Malaysia, Rabu (7/6/2023), usai dari Singapura. Setibanya di hotel tempatnya menginap, Jokowi disambut oleh sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju.

Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Kehadiran Prabowo di Malaysia juga terekam dalam video yang diunggah oleh Jubir Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, melalui akun Instagramnya @dahnil_anzar_simanjuntak, Rabu (7/6/2023). Dalam videonya itu, terlihat Prabowo berbincang santai dan bersenda gurau dengan Jokowi.

Keduanya terlihat tertawa bersama. Tampak pula sejumlah menteri kabinet ikut berbincang santai. Namun, tak diketahui apa yang dibicarakan Jokowi dan Prabowo di lobi hotel.

"Tertawa lepas Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat tiba di Kuala Lumpur, Rabu 7 Juni 2023 pukul 17.15 LT," tulis Dahnil di akun Instagramnya, Rabu (7/6/2023).

"Dengar pelan-pelan yuk Pak Menhan @prabowo berbincang apa dengan Pak Presiden @jokowi," sambungnya.

Seperti diketahui, Presiden memberi tanggapan terkait proposal Menhan Prabowo Subianto perihal konflik Rusia - Ukraina dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS). Jokowi menyebut proposal itu inisiatif Prabowo, bukan arahan darinya.

"Itu dari pak Prabowo sendiri," ujar Jokowi usai pembukaan Rakernas III PDIP, Selasa (6/6/2023).

Jokowi menyatakan akan memanggil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mendengar secara langsung penjelasannya.

"Tapi saya belum bertemu Pak Prabowo. Mungkin hari ini atau besok saja. Diundang," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Sampaikan Proposal untuk Akhiri Perang Ukraina-Rusia

Prabowo sebelumnya menyampaikan proposal resolusi perdamaian untuk mengakhiri perang Ukraina-Rusia saat hadir dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (3/6) lalu.

Prabowo menyodorkan tiga poin untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina yaitu gencatan senjata, penarikan pasukan, dan referendum. Proposal damai yang diusulkan Prabowo ini ditolak mentah-mentah oleh Ukraina. Dan usulan itu jadi perdebatan kontroversi di sejumlah media massa internasional.

Sementara itu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Malaysia, Rabu (7/6/2023), untuk memenuhi undangan dari Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim. Jokowi juga diagendakan bertemu dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah bin Sultan Ahmad Shah.

"Siang hari ini juga saya akan berangkat ke Kuala Lumpur untuk kunjungan kerja, merupakan kunjungan balasan memenuhi undangan PM Malaysia," jelas Jokowi dalam konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (7/6/2023).

"Dan selama di Malaysia, saya akan lakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim dan juga Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah," sambungnya.

Dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan pemerintah akan membahas dan menyelesaikan perundingan-perundingan lama yang tak kunjung rampung. Mulai dari, isu perbatasan hingga perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Kunjungan saya ke Malaysia akan kita gunakan untuk menyelesaikan perundingan-perundingan penting yang sudah berjalan bertahun-tahun dan tidak selesai, yaitu isu perbatasan dan isu mengenai perlinddungan PMI Indonesia, dan tentunya hal-hal lain yang penting," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

Video Terkini