Sukses

Sandiaga Sebut Depok Kota Kreatif Karena Ciptakan Banyak Wirausaha Baru dari Komunitas

Sandiaga menjelaskan, Kota Depok akan meningkat posisinya sebagai kota kreatif. Hal itu menjadi harapan Kemenparekraf sehingga mendorong Kota Depok bukan hanya pada skala nasional.

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi Pemerintah Kota Depok yang dinilai mampu menciptakan wirausaha baru dari kalangan perempuan. Menurutnya, Kota Depok menjadi kota kreatif dan akan didorong untuk skala internasional.

Sandiaga Uno mengatakan, kegiatan wirausaha baru dan perempuan dinilai baik karena melibatkan pengusaha dan komunitas. Hal itu akan menghasilkan dua solusi besar yakni menciptakan lapangan kerja dan kestabilan harga bahan pokok.

"Depok ini adalah kota yang memiliki posisi sangat strategis,” ujar Sandiaga kepada Liputan6.com, Selasa (30/5/2023).

Sandiaga menjelaskan, Kota Depok akan meningkat posisinya sebagai kota kreatif. Hal itu menjadi harapan Kemenparekraf sehingga mendorong Kota Depok bukan hanya pada skala nasional.

"Kita dorong ke depan skalanya, bukan lagi skala nasional namun kita harus bicara skala internasional,” jelas Sandiaga.

Untuk itu, Kemenparekraf sedang melakukan diskusi dan menyusun untuk persamaan persepsi. Kemenparekraf ingin menyatukan kesamaan pola pembangunan terutama pada ekonomi kreatif sehingga memiliki persamaan.

“Ini harus kita sesuaikan dengan persepsinya, tentunya kita melakukan penjajakan agar persepsi kita membangun bangsa ke depan ini bisa kita satukan,” ucap Sandiaga.

Hal itu dilakukan Kemenparekraf bersama Pemerintah Kota Depok untuk memiliki pencapaian yang sama, sehingga tidak terpecah belah. Kemenparekraf mengajak Pemerintah Kota Depok untuk Bersatu untuk membawa percepatan pembangunan ekonomi kreatif.

"Kita harus bersatu-padu dan pastikan persepsi ini, nah ini akan membawa percepatan," ucap mantan Kader Partai Gerindra ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UMKM Serap 14 Persen Tenaga Kerja

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengapresiasi Kemenparekraf yang menyebutkan Kota Depok sebagai lokasi strategis menjadi kota kreatif. Kedepannya upaya memajukan Kota Depok untuk skala internasional ekonomi kreatif dapat tercapai.

"Kita juga sedang mengikuti kegiatan ekonomi kreatif dengan penilaian dari Unesco, sehingga dapat bersaing dengan wilayah lainnya,” ujar Supian.

Kemenparekraf telah mendukung sejumlah program Pemerintah Kota Depok dan meninjau secara langsung. Pemerintah Kota Depok berharap ruang program Kemenparekraf lainnya dapat diikuti Pemerintah Kota Depok.

"Seperti startup Kota Depok sedang bagus sehingga banyak menyerap tenaga kerja,” ucap Supian.

UMKM Kota Depok telah menyerap tenaga kerja sebanyak 14 persen dan bonus dari demografi memudahkan Kota Depok melirik pangsa pasar lokal dan nasional. Bahkan produk UMKM dinilai cukup dipasarkan di tingkat lokal karena Kota Depok penduduknya memiliki 2,1 juta jiwa.

"Sebenarnya bonus dari demografi penduduk cukup membantu produk UMKM Kota Depok,” pungkas Supian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.