Sukses

Inovasi Pertamina Hulu Energi Sabet Penghargaan Tertinggi di Ajang ISIF

PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina, memboyong penghargaan internasional bergengsi di ajang 8th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang di International Istanbul Atatürk Airport, Turki.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Hulu Energi (PHE), selaku Subholding Upstream Pertamina, memboyong penghargaan internasional bergengsi di ajang 8th Istanbul InternationalInventions Fair (ISIF) yang di International Istanbul Atatürk Airport, Turki.

ISIF merupakan bagian dari TEKNOFEST yaitu festival Kedirgantaraan dan Teknologi terbesar di Turki.

ISIF'23 bertajuk "Time to Commercialization" merupakan ajang kompetisi inovasi dan invensi yang diselenggarakan oleh Turkish Patent and Trademark Office(TURKPATENT) dibawah Kementrian Perindustrian dan Teknologi Turki bekerjasama dengan International Federation of Inventors' Association (IFIA) serta didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO).

ISIF'23 diikuti lebih dari 20 negara di antaranya Indonesia, Russia, Qatar, China, Kroasia, Kanada, Azerbaijan, Bosnia Harzegovina, Morocco, Iraq, Iran, Jerman, Belgia, Lebanon, Portugal, Romania dan lain-lain, yang terdiri dari perusahaan, inventor, peneliti, konsultan, asosiasi dan universitas dari seluruh dunia dengan total karya mencapai 424 invensi.

PHE berhasil mendapatkan gelar Grand Prix - The Best Invention Award, penghargaan tertinggi pada ajang ISIF serta medali Emas yang diraih oleh Project Collaboration Improvement (PC PROVE) Top Musang King (Regional 5 - PT Pertamina Internasional EP) dengan inovasinya yang berjudul Batch Technique Workover for Acceleration of Gas Production in Deepwater Well.

Selain itu, medali Emas juga berhasil diraih oleh Functional Team Improvement (FT PROVE) BENTO (Kantor Pusat Subholding Upstream) dengan inovasinya yang berjudul BENTO (Block Evaluation, Scoring, Benchmarking & Recommendation).

Medali Perak berhasil diraih FT PROVE SEMONGKO (Regional 2 - PT Pertamina EP) dengan inovasinya yang berjudul TARIKSIS Method to Increasing HydrocarbonResources Potential of 119 Million Barrel Oil Equivalent beserta Special Award dari Moscow international Salon of inventions and innovation technologies “Archimedes”, Rusia dan FT PROVE THICKENING TEAM (PT ElnusaTbk) dengan inovasinya yang berjudul Innovation of Cement Slurry Merah Putih on Hydraulic Workover Unit-Drilling Project for Shallow Gas beserta CIA AWARD-Invention & Innovation beserta SpecialAwards, China Association of Inventions (CIA).

Mr. Cemil Başpınar dari Turkish Patent and Trademark Office (TURKPATENT) selaku penyelenggara ISIF menerangkan pentingnya keikutsertaan Indonesia dalam ISIF.

“Pemerintah Turki akan terus mendukung kegiatan ISIF, dan keikutsertaan Indonesia merupakan hal penting yang mencerminkan dukungan Indonesia terhadap kegiatan inovasi dan teknologi,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Karya Anak Bangsa

Senada dengan hal tersebut, Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Bisnis PHE, Oto Gurnita, mengungkapkan bahwa “Pencapaian membanggakan dari PekerjaSubholding Upstream sebagai bukti bahwa hasil karya inovasi anak bangsa setara dengan inovasi berkelas dunia dan juga sebagai bukti bahwa Subholding Upstream secara konsisten melakukan upaya-upaya inovatif dan perbaikan berkelanjutan di seluruh aspek bisnis Perusahaan," kata dia.

PHE juga terus berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai dalam jalur tren investasi berkelanjutan (environmental, social and governance/ESG). PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022.

PHE berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi dan operasionalnya, sebagai bagian penerapan aspek ESG. PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmentally Friendly, Socially Responsible dan Good Governance.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.