Sukses

Ada Pendaftaran Beasiswa Pendidikan di Kemendikbud Ristek, Ini Cara Mendaftarnya

BPI adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membuka pendaftaran program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 dalam rangka memperluas akses pendidikan bagi anak bangsa.

“Salah satu semangat yang terus kami usung dalam Merdeka Belajar adalah memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Selasa 2 Mei 2023, seperti dilansir dari Antara.

BPI adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

BPI Kemendikbud Ristek terdiri atas program beasiswa bergelar (degree) dan non-gelar (non-degree) diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 hingga S2 dengan universitas tujuan baik dalam maupun luar negeri.

Persyaratan dan ketentuan peserta yang bisa mendaftar BPI 2023 dapat melihat buku panduan yang telah diterbitkan Kemendikbudristek melalui link yang telah disiapkan.

Cara mendaftar beasiswa dengan mengunjungi laman portal resmi Beasiswa Pendidikan Indonesia lalu klik menu Daftar bagi yang belum memiliki akun.

Setelah itu, lengkapi formulir pendaftaran dengan memastikan data yang dimasukkan telah benar lalu klik Daftar dan kemudian cek email untuk mengaktivasi akun dan menyelesaikan seluruh proses aktivasi.

Selanjutnya, lakukan login pada laman yang telah disiapkan untuk mendaftar beasiswa dan melengkapi formulir registrasi beasiswa dengan memastikan data yang dimasukkan sudah benar dan data dokumen berukuran maksimal 2 MB.

Lalu, submit data yang telah dimasukkan yang selanjutnya pendaftar dapat melakukan cetak Kartu Peserta Beasiswa hingga akhirnya menunggu informasi pengumuman hasil seleksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibagi Dua Periode

Jadwal pendaftaran BPI 2023 dibagi menjadi dua periode, yaitu pendaftaran beasiswa untuk perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi di luar negeri.

Jadwal pendaftaran BPI untuk perguruan tinggi luar negeri diawali dengan pendaftaran pada 2-31 Mei 2023 dengan seleksi administrasi dan wawancara dilakukan pada Juni 2023, penetapan penerima dan registrasi ulang pada Juli 2023, dan pembekalan studi pada September 2023.

Jadwal BPI untuk perguruan tinggi dalam negeri diawali dengan pendaftaran pada 2 Mei hingga 30 Juni 2023, seleksi administrasi pada Juli 2023, sinkronisasi data dengan perguruan tinggi dan seleksi wawancara pada Agustus 2023, serta penetapan penerima, registrasi ulang, dan pembekalan studi pada September 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.