Sukses

Wujudkan Ruang Terbuka Hijau, Heru Budi Tanam Ribuan Pohon di Kolong Tol Becakayu

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) menanam 1.000 pohon di kolong tol Becakayu, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) menanam 1.000 pohon di kolong tol Becakayu, Jakarta Timur, Jumat (28/4/2023).

Aksi ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk meningkatkan ruang terbuka hijau. Sekaligus sebagai aksi dukungan terwujudnya Net Zero Emission (NZE) 2060.

"Lahan kolong tol Becakayu dan sekitarnya yang meliputi beberapa kelurahan masih memungkinkan untuk dilakukan penanaman. Masyarakat dapat memilih jenis tanaman sesuai dengan karakteristik lokasi di wilayahnya," kata Heru dalam keterangan resmi, Jumat (28/4/2023).

Heru juga mengimbau para lurah agar dapat menggerakkan seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan di wilayahnya masing-masing untuk berpartisipasi melakukan penanaman.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini memastikan, kegiatan penanaman pohon akan berlanjut di berbagai wilayah DKI Jakarta. Pihaknya, akan berdiskusi untuk menetapkan lokasi-lokasinya dan melakukan monitoring supaya kegiatan tersebut dapat berjalan secara rutin dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati menjelaskan, kolong tol Becakayu merupakan lahan potensial untuk dilakukan penanaman berbagai jenis tanaman.

Pasalnya, kata Eli lokasinya berdekatan dengan sumber air dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Terbukti, kata Eli ada beberapa tanaman sayuran yang sebelumnya ditanam saat ini sudah bisa dipanen dan dinikmati hasilnya oleh masyarakat yang mengelola.

“Penanaman bersama dengan Antam ini difokuskan pada tanaman produktif yang memiliki perakaran dangkal, tidak terlalu tinggi dan cepat panen sehingga dapat segera dinikmati hasilnya oleh masyarakat,” jelas Eli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1.000 Pohon dari Antam

Adapun, tanaman dari Antam berjumlah 1.000 pohon dengan rincian, sebanyak 600 pohon telah ditanam di lahan kolong tol Becakayu. Sedangkan, 400 pohon yang ditanam hari ini terdiri dari tanaman buah, tanaman hias, tanaman sayuran, dan tanaman pelindung.

Lalu, di kegiatan hari ini, juga ditanam total 209 pohon pelindung yang berasal dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta.

Selain itu, hingga saat ini, DKPKP DKI Jakarta telah menanam sejumlah 5.565 pohon, yang terdiri dari tanaman buah, tanaman obat, cabai, dan tanaman sayuran lainnya di lahan kolong tol Becakayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.