Sukses

One Way Tol Kalikangkung-Cikampek Diperpanjang, Kendaraan Arah Timur Jawa Dialihkan ke Pantura

One way dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cikampek diputuskan diperpanjang sampai Selasa (25/4/2023) pukul 24.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan angka kendaraan selama arus balik Lebaran 2023 dari arah timur ke barat Jawa semakin tinggi. Sehingga, one way dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cikampek diputuskan diperpanjang sampai Selasa (25/4/2023) pukul 24.00 WIB.

"Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada Selasa, 25 April 2023, pukul 24.00 WIB," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam keterangannya, Selasa.

Dia menerangkan, berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan terjadi peningkatan signifikan dari arah Timur (Trans Jawa) menuju ke arah Jakarta. Pantauan visual CCTV dan laporan petugas Kepolisian di lapangan, serta prediksi peningkatan lalu lintas masih akan terjadi sampai hari ini.

Sehingga, one way yang sedianya dijadwalkan selesai pada 24.00 WIB Senin (23/4) atas diskresi Kepolisian masih akan terus dilanjutkan. Selain one way, saat ini juga masih diberlakukan contraflow dua lajur dari Km 72 Tol Cikampek ke Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Namun apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari arah Timur ke Jakarta. Maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way," kata Lisye.

Dengan masih diberlakukannya one way selama arus balik 2023 ini, sambung Lisye, pengendara yang ke arah Timur Jawa akan dialihkan melalui akses jalan arteri Pantai Utara (Pantura). Sementara dari arah Jakarta menuju Bandung melalui Jalan Tol Cipularang masih berlaku normal.

"Pengguna jalan dari arah Jakarta menuju arah Timur (Trans Jawa) akan dialihkan keluar di GT Cikampek Km 72 dan melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura," kata Lisye.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jasa Marga Ingatkan Warga soal e-toll untuk Perjalanan dari Semarang ke Jakarta

Lisye mengingatkan pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

"Pastikan kecukupan perbekalan, saldo e-toll dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Siapkan saldo e-toll minimal Rp500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama," imbaunya.

"Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan," tambah dia.

 

 

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.