Sukses

Arus Balik Lebaran 2023, One Way Arah Jakarta Diberlakukan Mulai Senin Besok

One way akan diberlakukan dari Tol Kalikangkung KM 414 sampai Gate Tol Cikampek Utama pada puncak arus balik Lebaran Idul Fitri mulai besok Senin, 24 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk arus balik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M. Adapun rekayasa yang akan diterapkan yakni contra flow hingga one way di beberapa ruas tol Trans Jawa.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyampaikan, rekayasa lalu lintas berupa one way di Tol Trans Jawa akan diberlakukan mulai besok Senin, 24 April 2023.

Adapun penerapan one way akan diberlakukan dari Tol Kalikangkung KM 414 sampai Gate Tol Cikampek Utama. Sementara itu, kebijakan contraflow akan diberlakukan dari KM 70 sampai KM 47 dengan menggunakan tiga lajur.

"Kami akan melanjutkan rekayasa one way mulai besok," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (23/4/2023).

Firman menerangkan, rekayasa lalu lintas berupa contraflow akan dilanjutkan sampai KM 36 seandainya kendaraan pemudik dari arah timur menuju barat meningkat.

"Kemudian dilanjutkan sampai KM 21, dengan catatan KM 70 sampai KM 66 dua lajur, kemudian sampai KM 48 tiga lajur, contraflow KM 48 - KM 36 dua lajur dan apabila saat padat, dilanjutkan KM 36 sampai KM 21 tol Cikampek," ucap dia.

Selain itu, ada juga jalan tol yang akan difungsionalkan pada saat arus balik Lebaran 2023. Pertama untuk masyarakat yang akan ke Bandung, Sumedang dan sekitarnya akan dikawal melewati Cisumdawu. Namun rekayasa lalu lintas ini disiapkan hanya sampai pukul 16.00 WIB.

"Kemudian ada pengalihan di Tol Cipularang melalui Japek 2 Sadang, untuk menghindari pertemuan dari Cipularang dan Cipali yang akan masuk Tol Cikampek," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlakukan Ganjil Genap di Tol

Selain itu, Polri juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas tambahan, yakni kebijakan ganjil-genap di tol.

"Kami akan sosialisasikan penerapan ini dan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan perjalanan pada puncak arus mudik tanggal 24-25 April untuk jalan sesuai dengan pelat kendaraannya," jelas Firman.

Selain itu, Firman juga sudah menyiapkan bila volume kendaraan meningkat hingga masuk Jakarta, perpanjangan rekayasa lalu lintas contraflow dimungkinkan sampai Tol Dalam Kota.

"Kami berikan satu lajur sampai akses keluar tol di Dalam Kota," terangnya.

Usai melakukan rapat virtual, Kakorlantas Polri yang didampingi Kabag Ops Korlantas Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Juni akan melakukan perjalanan darat dari Command Center PJR Korlantas di KM 29 ke gate tol Kalikangkung KM 414 di Semarang mendampingi Menko PMK Muhadjir Effendy.

Rencananya rombongan akan membuka langsung penerapan rekayasa one way pada arus balik Lebaran 2023 di Tol Kalikangkung sampai gate Tol Cikampek Utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini