Sukses

ASN Pemprov DKI yang Tidak Mudik Diimbau Ikut Salat Idul Fitri di Masjid Fatahillah

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Salat Idul Fitri 1444 H di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengatakan, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI yang tidak mudik dan menetap di Jakarta diimbau untuk melangsungkan Salat Id di Balai Kota.

"Kita sedang melakukan perisapan Salat Idul Fitri yang akan dilaksanakan besok pada Sabtu. Kita mengimbau para ASN yang tidak pulang mudik atau memang punya rumah di Jakarta untuk Salat di Balai Kota DKI Jakarta," kata Joko kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Joko meminta agar pernyataan ini tidak disalahartikan. Menurut dia, Salat Id di Balai Kota bagi ASN tak bersifat wajib, namun hanya sekadar imbauan.

"Enggak ada (kewajiban). Mengimbau, kalau mengimbau kan tidak mewajibkan," kata Joko.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meniadakan Salat Id di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara seperti tahun sebelumnya. Dia bakal Salat Idul Fitri 2023 di Masjid Fatahillah, Balai Kota DKI Jakarta.

"Saya simpel-simpel aja, di Balai Kota karena dari hasil obrol-obrol mintanya di Balai Kota para karyawan, saya di sini," kata Heru di Ruang Pola, Blok G, Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Menurut Heru, keputusan ini diambil usai berbincang dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai yang bertugas di Balai Kota. Dibanding menggelar Salat Id di JIS, akses ke Balai Kota dinilai lebih mudah.

"Iya (obrol-obrol dengan pegawai), mau Salat Id di mana teman-teman? Di sini aja pak, kita gampang, ya udah saya ngikut," kata Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Rest Area yang Gelar Salat Idul Fitri 1444 H Besok

Pemerintah menyiapkan ruang pelaksanaan Salat Idul Fitri 2023 di sejumlah rest area pada hari Sabtu, 22 April 2023 besok. Tercatat ada sebanyak 23 rest area, mulai dari Jakarta sampai sampai wilayah Jawa.

"Pelaksanaan Salat Idul Fitri di rest area merupakan bentuk pelayanan dari Jasa Marga Group kepada pengguna jalan tol khususnya para pemudik yang masih melakukan perjalanan menuju kampung halaman masing-masing," tutur Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB, Tita Paulina Purbasari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/4/2023).

Menurut Tita, pelaksanaan Salat Idul Fitri di rest area dilaksanakan atas kerja sama dengan Badan Kerohanian Islam (BKI) Jasa Marga dan mitra pengelola rest area.

"Selain melaksanakan Salat Idul Fitri, di Masjid rest area Travoy yang dikelola oleh PT JMRB kerap menggelar kegiatan keagamaan sepanjang bulan Ramadan 1444 H, seperti pelaksanaan Salat Tarawih, tadarus Al-Quran, pembagian takjil bagi pengunjung rest area, dan sebagainya," kata dia.

Pelayanan tersebut dapat dinikmati oleh seluruh pemudik yang tengah melangsungkan perjalanan ke kampung halaman.

Adapun daftarnya adalah sebagai berikut:

Rest Area Km 13A Jakarta-Tangerang.

Rest Area Km 14B Jakarta-Tangerang.

Rest Area Km 6B Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 19A Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 39A Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 57A Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 62B Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 42B Jakarta-Cikampek.

Rest Area Km 72A Cipularang.Rest Area Km 72B Cipularang.

Rest Area Km 88A Cipularang.

Rest Area Km 97B Cipularang.

Rest Area Km 125B Purbaleunyi.

Rest Area Km 149B Purbaleunyi.

Rest Area Km 207A Palikanci.

Rest Area Km 208B Palikanci.

Rest Area Km 379A Batang-Semarang.

Rest Area Km 429A Semarang-Solo.

Rest Area Km 519A Solo-Ngawi.

Rest Area Km 519B Solo-Ngawi.

Rest Area Km 575A Solo-Ngawi.

Rest Area Km 575B Solo-Ngawi.

Rest Area Km 726B Surabaya-Mojokerto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.