Sukses

Infografis Misi Penyelamatan Pilot Susi Air dari Sandera KKB Papua

Seorang prajurit TNI gugur dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air yang disandera KKB Papua. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pun menaikkan status Siaga Tempur di Ndagu, Papua Pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta - Misi penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mark Merthens, dari penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB menimbulkan korban jiwa. Satu personel TNI, Pratu Miftahul Arifin, gugur saat KKB Papua menyerang Satuan Tugas Batalyon Infanteri atau Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu 15 April 2023.

"36 prajurit melaksanakan patroli guna mencari pilot Susi Air, di jalan diadang KST (Kelompok Separatis Teroris), dan terjadi kotak tembak. Dari pasukan 36, 1 orang meninggal, Miftahul Arifin. Dan 4 orang kena luka tembak, alhamdulillah selamat semua. Belum terkonfirmasi 5 personel." ujar Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 18 April 2023.

Selanjutnya, TNI menaikkan status Siaga Tempur di Papua, sebagai buntut penyerangan oleh KST atau KKB Papua yang mengakibatkan Pratu Miftahul Arifin gugur. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan status Siaga Tempur sebelumnya pernah dilakukan di Natuna.

"Artinya ditingkatkan dari yang tadi itu soft approach (pendekatan humanis) menghadapi serangan yang seperti ini, yang seperti terjadi tanggal 15 April lalu," kata Panglima TNI Yudo Margono di Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa 18 April 2023.

"Tapi tentunya dengan kondisi yang seperti ini, khususnya di wilayah tertentu ya kita ubah menjadi operasi siaga tempur," Panglima TNI itu menambahkan.

Sebelumnya, Wakil Presiden atau Wapres Ma'ruf Amin meminta anggota TNI dan Polri sudah saatnya bersikap tegas. Terutama terhadap KKB di Papua.

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin setelah prajurit TNI diserang KKB yang mengakibatkan Pratu Miftahul Arifin gugur. Ini sebagaimana disampaikan Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa 18 April 2023.

"Wapres menegaskan kini saatnya TNI dan Polri bersikap tegas dalam melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap KKB secara tepat dan tidak mengganggu rakyat sipil," kata Masduki Baidlowi.

Apa perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono untuk meningkatkan operasi di Nduga? Bagaimana pula ragam tanggapan misi penyelamatan pilot Susi Air yang disandera KKB Papua? Simak selangkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Misi Penyelamatan Pilot Susi Air dari Sandera KKB Papua

3 dari 4 halaman

Infografis Panglima TNI Tingkatkan Operasi di Nduga Jadi Siaga Tempur

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Misi Penyelamatan Pilot Susi Air di Nduga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.