Sukses

OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana, KPK Amankan Sejumlah Uang

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengungkap tim pun mengamankan sejumlah uang dalam OTT Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana, sejumlah pejabat dinas perhubungan dan pihak swasta dalam operasi tangkap tangan. OTT Wali Kota Bandung dilakukan pada Jumat 14 April 2023 lalu.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengungkap tim pun mengamankan sejumlah uang.

"Ada barang bukti sejumlah uang dalam rupiah. Tentu akan dikonfirmasi dulu kepada orang-orang yang ditangkap," ujar Ali soal OTT KPK itu, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Dia menegaskan, dalam penindakan korupsi, KPK tidak melihat jumlah uang. Namun, KPK melihat dari sisi perbuatan para terduga.

Menurut dia, tim KPK segera memeriksa Wali Kota Bandung dan sejumlah orang yang ditangkap. Total, ada 9 orang yang sudah digiring ke Gedung Merah Putih KPK.

"Sebab KPK hanya memiliki waktu 1x24 jam dalam menentukan sikap atas status mereka," kata Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Laporan Masyarakat

Ali Fikri menuturkan, Satgas KPK bergerak menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dugaan korupsi dalam program Bandung Smart City. Hal itu dilakukan sejak Jumat siang hingga malam.

"Dari kemarin siang hingga tadi malam secara paralel tim bergerak menindaklanjuti laporan masyarakat, pada akhirnya tim KPK menangkap Wali Kota Bandung dan beberapa pejabat di dinas perhubungan," ungkap Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.