Sukses

Cak Imin: Selamat Pak Prabowo Hasil Survei Bagus, Tanda Menang

Elektabilitas Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto naik ke angka 30,3 persen dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru. Hasil tersebut membuat Prabowo menyalip perolehan Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Jakarta Elektabilitas Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto naik ke angka 30,3 persen dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru. Hasil tersebut membuat Prabowo menyalip perolehan Ganjar Pranowo.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menyampaikan selamat pada Prabowo yang berhasil meraih elektabilitas tertinggi di survei terakhir.

"Alhamdulilah selamat Pak Prabowo hasil survey bagus, Gerindra juga naik terus, tanda-tanda juara pemilu," kata pria yang akrab disapa Cak Imin sebelum pertemuan dengan Prabowo, Senin (10/4/2023).

Dia berharap naikknya elektabilitas Gerindra dan Prabowo turut berdampak positif bagi PKB.

"PKB Kalau Gerindra naik, insyaalah naik juga, tapi belum bisa melalmpaui gerindra ini," kata Cak Imin.

Sebelumnya,Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengatakan, salah satu faktor naikknya elektabilitas Prabowo adalah komunikasi yang baik dengan Presiden Joko Widodo.

"Ya berbagai macam faktor tentu. Di antaranya kan komunikasi yang sangat baik dan itu dipantau publik antara pak Jokowi, pak Prabowo dan pak Jokowi. Itu kan bagus," ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (10/3/2023).

Menurut Habiburokhman, Jokowi memiliki pengukut yang sangat banyak dan para pendukung Jokowi melihat loyalitas dan komitmen Prabowo.

"Beliau orang yang berpegang teguh pada komitmen. Nah itu menjadi positif di mata publik. Apalagi kan pak Jokowi itu kan tokoh bangsa yang pengikutnya sangat banyak, pengagumnya sangat banyak. Jadi tentu gestur politik beliau juga diamati oleh pengikutnya," ujar Habiburokhman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kinerja Prabowo Juga Mempengaruhi

Meski demikian, Habiburokhman menilai kinerja Prabowo di Kemnhan juga turur mempengaruhi penilaian publik.

"Jadi selain kerja pak Prabowo sendiri ya kan kinerja beliau di Kemenhan, kinerja beliau di partai Gerindra dan sebagainya di dapil tentu juga pengaruh yang sangat besar dari baiknya hubungan pak Prabowo dan pak Jokowi," pungkasnya.

Sebelumnya, Hasil Survei Terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, tokoh yang dipilih masyarakat terkait Pilpres 2024 ada Prabowo Subianato di urutan teratas.

Pada simulasi tiga nama, Prabowo Subianto unggul 30.3% dari sebelumnya hasil survei Februari 26.7%.

“Kemudian Ganjar Pranowo 26.9% (Februari 35%), dan Anies Baswedan 25.3% (Februari 24%),” ,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei secara virtual, Minggu (9/4/2024)

Djayadi menyebut, penurunan suara Ganjar disebabkan pernyataannya menolak timnas Israel yang berujung pembatalan U-20 di Indonesia

“Ada kemungkinan pernyataan Ganjar terkait timnas Israel. sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan PD U-20 di Indonesia menjadi penjelas dibalik merosotnya basis dukungan Ganjar,” kata Djayadi.

Djayadi menyatakan, nama Ganjar juga disebut cukup banyak sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas pembatalan U-20.

“Nama Ganjar disebut banyak pihak sebagai yang paling bertanggung jawab atas keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah PD U-20,” kata Djayadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini