Sukses

Sekda Riau SF Hariyanto yang Istrinya Pamer Harta di Sosmed Diperiksa KPK

Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Kamis (6/4/2023). Kedatangannya untuk memenuhi undangan klarifikasi soal laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya yang diduga tidak sesuai profil.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Kamis (6/4/2023). Kedatangannya untuk memenuhi undangan klarifikasi soal laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya yang diduga tidak sesuai profil.

Hariyanto tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 08.30 WIB. Saat masuk ke dalam lobi markas antirasuah, Hariyanto irit bicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media.

"Terima kasih ya, terima kasih ya," ujar Sekda Riau SF Hariyanto di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (6/4/2023).

Hariyanto akan diperiksa oleh tim Direktorat LHKPN Kedeputian Pencegahan dan Monitoring KPK. Tim LHKPN memeriksa harta Hariyanto lantaran sang istri pamer kekayaan atau flexing. Sang istri kerap mengumbar tas mewah, perhiasan, hingga liburan ke luar negeri ke media sosial.

Ramai dibicarakan warganet, Hariyanto angkat bicara. Ia mengatakan tas mewah yang kerap dipamerkan istrinya adalah tas palsu.

"Sudah saya kroscek, misalnya tas salah satu brand yang disebutkan seharga ratusan juta, itu sangat tidak benar. Karena itu barang KW dan dibeli dengan harga berkisar antara Rp2-5 juta di Mangga Dua, Jakarta. Itu tokonya masih ada, silakan dicek," ucap Hariyanto di Pekanbaru, Senin (20/3/2023).

Sebelumnya, KPK menjadwalkan klarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) Sekda Riau SF Hariyanto pekan depan. Hariyanto tengah disorot publik karena sang istri pamer hidup mewah.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan Hariyanto akan diminta klarifikasinya oleh Direktorat LHKPN Kedeputian Pencegahan KPK. Hanya saja, Pahala belum merinci hari klarifikasi terhadap keduanya digelar.

"Iya (KPK klarifikasi LHKPN SF Hariyanto)," ujar Pahala Nainggolan dalam keterangannya, Sabtu (1/4/2023).

Sekadar informasi, Adrias, istri Sekda Riau SF Hariyanto menjadi sorotan karena memamerkan harta dan gaya hidup mewah di media sosial. Anto, sapaan akrab SF Hariyanto, berdalih barang-barang itu palsu alias KW dan beli di Mangga Dua Jakarta.

Padahal, SF Hariyanto sebelumnya telah memperingatkan kepada seluruh pejabat Riau agar tidak hidup mewah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tito Karnavian Perintahkan Irjen Kemendagri Periksa Sekda Riau SF Hariyanto

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memerintahkan Irjen Kemendagri untuk memanggil Sekda Riau SF Hariyanto soal pamer hidup mewah istri dan anaknya. Pemanggilan itu dilakukan untuk klarifikasi kasus yang tengah menjadi sorota publik.

"Saya sudah minta Irjen Kemendagri untuk memanggil yang bersangkutan melakukan klarifikasi, itu kan bisa benar bisa tidak. Maka kita harus klarifikasi dulu," kata Tito Karnavian saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/3/2024).

Dia pun meminta agar para pejabat dapat hidup sederhana dan tidak mengunggah gaya hidup mewah. Sebab, saat ini, dengan adanya media sosial masyarakat semakin kritis.

"Sosial media ini tidak akan terbendung ada namnya citizen jurnalis artinya setiap orang memiliki akun, akses sosial media, dia bisa meng-upload apa saja, dan itu bisa viral, dan itu akan menjadi perhatian publik," ujar Tito.

"Dengan adanya perubahan paradigma seperti ini, perubahan situasi seperti ini kita harus cepat menyesuaikan diri, ya pola hidup sederhana jangan meng-upload apa namanya gaya hidup yang seperti kelihatan mewah pasti akan menjadi sorotan, masyarakat lebih kritis," sambung Tito.

Pesta Ulang Tahun Anak Sekda Riau Digelar di Ritz-Carlton

Sebelumnya, Sekda Riau SF Hariyanto menjadi sorotan lantaran istri dan anaknya memamerkan kemewahan. Hariyanto pun akhirnya buka suara terkait acara ulang tahun ke-17 putrinya yang mewah.

Awalnya, video anak dari SF Hariyanto melaksanakan pesta ulang tahun ini disebar akun Twitter @PartaiSocmed. Dalam pesta itu, anak dari Sekda Riau ini terlihat memotong kue yang berukuran besar. Acara itu disebut digelar di Ritz-Carlton.

SF Hariyanto tidak membantah jika video yang viral itu adalah pesta ulang tahun anaknya. Dia menyebut ulang tahun itu digelar saat anaknya berusia 17 tahun di toko bernama Ritz Carlton.

"Foto anak saya ulang tahun 17, ya namanya orang tua karena anak pertama umur 17, ya ingin lah. Bukan besar-besar, di toko kok, di toko, tapi namanya Ritz Carlton. Umur 17 tahun sama kawan-kawannya satu sekolah," ujar Hariyanto dalam video klarifikasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.