Sukses

Top 3 News: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Padangsidimpuan Sumut, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa magnitudo 6,4 pada Senin 3 April 2023 mengguncang barat daya Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Ada pun gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 21.59 WIB. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 6,4 pada Senin 3 April 2023 mengguncang barat daya Padangsidimpuan, Sumatera Utara. Ada pun gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 21.59 WIB. Itulah top 3 news hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, lindu terjadi di koordinat 0.86 Lintang Utara (LU) - 98.73 Bujur Timur (BT) atau 82 kilometer barat daya Padangsidimpuan.

Meski demikian, gempa dengan kedalaman 102 Km itu, tidak berpotensi tsunami. BMKG pun menyarankan masyarakat tetap berhati-hati.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Senin 3 April 2023.

Dengan begitu, terhitung mulai Senin 3 April 2023, Dito Ariotedjo secara resmi telah menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Mengutip rekam jejaknya, pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito panggilan akrabnya mulai merambah dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Pengamat Politik Ujang Komarudin yang menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi King Maker dalam pertemuan 5 ketua umum partai pada Minggu 2 April 2023 di kantor DPP PAN.

Menurut Ujang, Jokowi lah yang akan menentukan dalam pencarian calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Jokowi menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Ujang melihat, Jokowi menginisiasi koalisi besar ini untuk menghadapi Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan. Serta PDI Perjuangan yang belum juga menentukan sikap terkait Pilpres 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 3 April 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Padangsidimpuan Sumatera Utara, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa magnitudo 6,4 mengguncang barat daya Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Senin 3 April 2023. Adapun gempa bumi terjadi pada pukul 21.59 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, gempa bumi tersebut terjadi di koordinat 0.86 Lintang Utara (LU) - 98.73 Bujur Timur (BT) atau 82 Km Barat Daya Padangsidimpuan.

Meski demikian, gempa dengan kedalaman 102 Km itu, tak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," demikian seperti dilansir dari laman BMKG.

Meski demikian, BMKG menyarankan masyarakat tetap berhati-hati.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Resmi Lantik Dito Ariotedjo Jadi Menpora Gantikan Zainudin Amali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Terhitung Senin 3 April 2023, Dito secara resmi telah menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora dilakukan bersama dengan pelantikan Komjen Rycko Amelza sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Dito Ariotedjo saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin 3 April 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pengamat: Jokowi Jadi King Maker di Koalisi Besar, Prabowo Berpotensi Jadi Capres

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi King Maker dalam pertemuan 5 ketua umum partai pada Minggu 2 April 2023 di kantor DPP PAN.

Menurutnya, Jokowi lah yang akan menentukan dalam pencarian calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024.

"Jokowi sebagai king maker di situ, di mana dia sebagai pihak yang mengendorse koalisi tersebut untuk mencari capres dan cawapres," ujar Ujang kepada wartawan, dikutip Senin 3 April 2023.

Jokowi menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Ujang melihat, Jokowi menginisiasi koalisi besar ini untuk menghadapi Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan. Serta PDI Perjuangan yang belum juga menentukan sikap terkait Pilpres 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.