Sukses

4 Kepala Dinas di DKI Jakarta Diisi Plt Usai Heru Budi Rotasi Sejumlah Jabatan Strategis

Kekosongan kepala dinas definitif itu disebabkan rotasi dan mutasi yang sebelumnya dilakukan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru Budi sebelumnya melantik 65 pejabat pimpinan tinggi pratama.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah jabatan kepala dinas di DKI Jakarta, mulai dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP), hingga Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kini dijabat pelaksana tugas (Plt).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Maria Qibtya mengatakan, empat Plt yang mengisi jabatan strategis di DKI Jakarta itu antara lain Plt Kepala Dinas Pendidikan Syaefulloh Hidayat, Plt Kepala Dinas Kesehatan Ani Ruspitawati.

Lalu, ada Plt Kepala Dinas Bina Marga Heru Suwondo, dan Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Retno Sulistyaningrum. Keempatnya ditunjuk pada Selasa, 28 Maret 2023 lalu.

"Iya (ditunjuk per Selasa, 28 Maret 2023), kata Maria saat dikonfirmasi, dikutip Rabu (29/3/2023).

Plt ditunjuk untuk mengisi kekosongan sementara di empat jabatan kepala dinas tersebut hingga pejabat definitif terpilih ditentukan.

Adapun kekosongan kepala dinas definitif itu disebabkan rotasi dan mutasi yang sebelumnya dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Selain itu, jabatan Kepala Badan Pengelola Aset Daerah, Kepala Badan Pembinaan BUMD, Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang/Jasa, hingga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik juga hingga saat ini masih dijabat Plt.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heru Budi Lantik 65 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

Diketahui, Heru melantik 65 pejabat pimpinan tinggi pratama yang terdiri atas 45 orang dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan kembali (dikukuhkan) dalam jabatannya.

Sedangkan, 20 orang pejabat lainnya dirotasi menempati jabatan baru sesuai dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) terbaru.

Heru menyampaikan bahwa akan dilakukan proses lelang atau bidding untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II yang masih kosong dengan kepala dinas definitif tersebut.

Lebih lanjut, Heru menyatakan jika proses bidding saat ini sedang berjalan. Kendati demikian, dia tidak merinci soal bagaimana tahapan dan kapan hasil lelang akan diumumkan.

"(Bidding) sedang jalan ini, secepatnya (ditentukan SKPD yang terpilih),” kata Heru kepada wartawan di Kamal Muara, Jakarta Utara, Selasa, 28 Maret 2023.

Sebagai informasi, pelantikan terhadap 20 pejabat eselon II yang dirotasi Heru dilakukan pada Selasa, 21 Maret 2023. Saat itu, Heru mengatakan rotasi 20 pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) tersebut merupakan hal biasa.

"Rotasi itu biasa, penyegaran, dan tentunya mereka yang kita pilih adalah profesional-profesional yang sudah paham dengan situasi Jakarta," kata Heru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.