Sukses

Jokowi Sudah Kantongi Nama Kepala BNPT, Pengganti Boy Rafli Amar

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut sudah mengantongi nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pengganti Komjen Boy Rafli Amar. Adapun Boy Rafli sudah memasuki usia pensiun pada akhir Maret ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut sudah mengantongi nama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pengganti Komjen Boy Rafli Amar. Adapun Boy Rafli sudah memasuki usia pensiun pada akhir Maret ini.

"Oh sudah ada namanya (Kepala BNPT) di saku presiden," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (28/3/2023).

Kendati begitu, dia tak mengungkapkan siapa sosok yang ditunjuk Jokowi menggantikan posisi Boy Rafli sebagai Kepala BNPT. Mahfud Md meminta semua pihak menunggu jadwal pelantikan Kepala BNPT dari pihak Istana.

"Tunggu Istana ajalah nanti," ucap dia.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi), Edi Hasibuan, mengemukakan, calon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) harus memiliki kemampuan deradikalisasi paham terorisme.

"Calon Kepala BNPT ke depan dibutuhkan memiliki kemampuan dalam melakukan deradikalisasi termasuk memperlakukan mantan napi terorisme dan keluarganya agar mudah diterima masyarakat," katanya seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan, sosok Kepala BNPT butuh koordinasi dengan Polri agar bisa saling mendukung dalam menyukseskan program deradikalisasi yang dicanangkan pemerintah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boy Rafli Masuki Masa Pensiun

Edi mengatakan hal itu menanggapi Kepala BNPT Boy Rafli Amar yang akan memasuki masa pensiun pada 1 April 2023 karena pada Maret ini genap berusia 58 tahun.

Sebagai perwira tinggi Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen), Boy akan mengakhiri masa dinas Kepolisian pada usia tersebut.

"Masa jabatan Kepala BNPT yang kini dijabat Komjen Pol Boy Rafli Amar sudah mendesak," kata Edi Hasibuan

Pengajar hukum tindak pidana terorisme pada Universitas Bhayangkara Jakarta ini mengaku sudah mendengar kabar Polri telah mengusulkan sejumlah jenderal polisi untuk menjadi Kepala BNPT. Usul disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Edi Hasibuan menilai sejumlah nama pantas menduduki jabatan Kepala BNPT, antara lain Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran, Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri Irjen Pol Marthinus Hukom dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.

"Kami percaya Presiden sudah mengantongi satu nama yang bakal dilantik jadi Kepala BNPT," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.