Sukses

Gibran Sebut Solo Siap Gantikan Bali Sebagai Tempat Drawing Piala Dunia U-20

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku siap jika Solo menggantikan Bali sebagai tempat drawing Piala Dunia U-20

"Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap," ujar Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, Senin (27/3/2023).

Meski begitu, Gibran mengaku masih menunggu keputusan resmi Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait kelanjutan.

"Saya tunggu saja berita resminya seperti apa dari FIFA dan PSSI. Yang saya tahu hanya pembatalan 'drawing', di Bali itu," kata dia.

Gibran mengatakan Stadion Manahan Solo dan empat lapangan pendukung sudah siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. Bahkan rencananya, pekan depan akan didatangkan mesin untuk menjahit rumput di lapangan.

"Solo sudah siap dan sangat siap. FIFA sudah melakukan inspeksi terakhir. Solo pun sudah siap untuk menjadi tuan rumah final, sudah siap," kata Gibran seperti dikutip dari Antara.

Gibran pun memastikan Stadion Manahan Solo hingga kini tetap steril dari kegiatan apapun. "Kasihan dengan pedagang yang diliburkan. Tetapi tunggu saja berita resminya seperti apa. Yang penting Solo sudah menyiapkan tempat dengan baik," katanya.

Gibran sangat berharap Stadion Manahan Solo tetap terpilih sebagai salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-20 atau bahkan pertandingan babak final karena persiapan yang dilakukan sudah berjalan cukup lama.

"Ini bukan masalah sepak bola saja tetapi juga perputaran roda ekonomi di Kota Solo. Jika ada Piala Dunia dan kami mendapat kesempatan menjadi tuan rumah untuk babak final, maka akan luar biasa," katanya.

2 dari 2 halaman

Pengecekan Oleh FIFA

Pada Sabtu, (25/3/2023), FIFA telah melakukan pengecekan terakhir untuk memastikan kesiapan Stadion Manahan Solo dan empat lapangan pendukung untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia U-20.

Tim FIFA yang tiba menggunakan dua bus mulai masuk halaman Stadion Manahan Solo sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung melakukan pemeriksaan secara tertutup.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta Rini Kusumandari tim dari FIFA yang terdiri dari lima orang melakukan pengecekan lapangan didampingi SOC dari Polri dan Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (Inafoc).

Sedangkan untuk dua laga kandang terakhir Persis Solo di Liga 1 Indonesia, Gibran mengatakan sudah berkoordinasi dengan manajemen klub untuk mengupayakan agar pertandingan tetap bisa digelar di Solo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.