Sukses

Soal Penentuan Cawapres, AHY: Kami Berikan Ruang yang Luas untuk Anies Tentukan Pasangannya

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membebaskan Anies Baswedan untuk menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membebaskan Anies Baswedan untuk menentukan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya. Diketahui, Demokrat, PKS, dan NasDem telah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden Koalisi Perubahan itu.

AHY menegaskan, kebebasan Anies untuk memilih cawapresnya merupakan salah satu poin perjanjian yang telah Koalisi Perubahan sepakati.

"Kalau kami jelas ketiga partai sudah menandatangani piagam di mana salah satu butir yang paling penting adalah selain mengusung Mas Anies Baswedan sebagai calon presiden Pemilu 2024 mendatang, membawa semangat dan gerakan perubahan dan perbaikan, kami ingin memberikan ruang yang luas kepada calon presiden kami untuk bisa menentukan pasangannya," kata AHY kepada wartawan.

AHY mengungkapkan, Anies memiliki kriteria dalam menentukan pendampingnya dalam kontestasi politik Pemilu 2024. Maka dari itu, ia membebaskan Anies untuk menentukan pilihannya sendiri.

"Ada kriteria-kriteria yang beliau lah yang akan paling tahu dan paling menentukan pada akhirnya. Jadi itu semua sudah kita serahkan ketiga partai baik Nasdem Demokrat maupun PKS," tambah AHY.

Meskipun demikian, terdapat tim kecil yang dapat membantu dalam memberikan masukkan kepada Anies dalam menentukan cawapres. Namun, AHY menegaskan bahwa keputusan akhir berada di tangan Anies.

"Ini adalah sebuah ruang bukan hanya ruang akomodasi tetapi juga ruang yang sangat penting bagi semua yang terlibat dalam proses panjang ini mudah-mudahan hasil yang terbaik begitu ya," ucap AHY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi Koalisi Perubahan

Diberitakan sebelumnya, tiga partai NasDem, Demokrat dan PKS akhirnya resmi deklarasi membentuk Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan. Ketiga partai telah menandatangani piagam Koalisi Perubahan.

"Hari ini milestone baru yaitu telah ditandatangani piagam Koalisi Perubahan," ujar perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said saat konferensi pers di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (24/3).

Dengan resminya piagam deklarasi Koalisi Perubahan, maka NasDem, Demokrat dan PKS telah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024.

Piagam deklarasi Koalisi Perubahan telah ditandatangani oleh tiga ketua umum. Yaitu secara berurutan oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"Telah ditandatangani Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan dilengkapi Presiden PKS Ahmad Syaikhu," kata Sudirman

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.