Sukses

Anies Baswedan Bertemu Kiai Said Aqil Siradj, Coba Gaet Suara NU

Bakal calon presiden yang diusung oleh NasDem, Demokrat, dan PKS di Pemilu 2024, Anies Baswedan terus bergerilya mendatangi sejumlah tokoh dan kelompok masyarakat. Kali ini dia langsung bertemu Kiai Said Aqil Siradj di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden yang diusung oleh NasDem, Demokrat, dan PKS di Pemilu 2024, Anies Baswedan terus bergerilya mendatangi sejumlah tokoh dan kelompok masyarakat. Kali ini dia langsung bertemu Kiai Said Aqil Siradj di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta Selatan.

Pengamat politik Ujang Komarudin melihat ini adalah adalah salah satu usaha Anies Baswedan untuk mencari dan menarik suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU). Diketahui, Kiai Said Aqil Siradj merupakan Ketua Umum PBNU dua periode berturut-turut.

"Ini adalah salah satu cara, salah satu usaha untuk mencari dukungan dari NU. Diketahui bahwa Kiai Said Aqil Siradj mantan Ketua PBNU dua kali, jelas itu punya pengaruh," kata Ujang saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (23/3/2023).

Dia menuturkan, wajar jika Anies Baswedan berusaha menggaet suara dari Kaum nahdliyin. Meski demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu harus mengunjungi para kiai lain mengingat NU merupakan organisasi terbesar.

"Anies harus bersilahturahmi juga dengan menyambangi kiai-kiai lain. Namun, paling tidak dengan mengunjungi Kiai Said Aqil Siradj, Anies berharap pendukungnya Kiai Said bisa balik mendukungnya," kata Ujang.

Sebelumnya, Anies mengatakan, pesantren Luhur Al-Tsaqafah sekarang berkembang pesat di bawah bimbingan Kiai Said Aqil.

"Ketika kami datang 2018 lalu, Pondok Pesantren ini masih dalam tahap perintis, kini PP Luhur Al-Tsaqafah semakin maju berkembang, dan insya Allah menjadi penanda lulusannya nanti, akan jauh menuntut ilmunya, serta memberikan kebermanfaatan yang besar bagi negara dan dunia," ujar Anies, dikutip dari akun Facebook, Kamis (23/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Baswedan Sempat Berkeliling dan Temui Para Santi

Anies sempat berkeliling besantren dan bertatap muka dengan para santri pondok Luhur Al-Tsaqafah.

"Kami berpesan kepada adik-adik santri agar senantiasa meninggikan mimpi karena lokasi lahir boleh di mana saja, lokasi mimpi harus tetap di langit. Belajar lah dengan tekun dan jangan pernah takut untuk pergi jauh dalam menuntut ilmu, serta menghadapi apapun tantangan yang ada, karena semakin terjal tantangan tersebut, maka akan mengantarkan adik-adik kepada puncak-puncak keberhasilan," ujarnya.

Anies pun berterima kasih kepada Kiai Said Aqil Siroj yang melalui ilmunya menjadi penjuru bukan hanya kegiatan pendidikan dan dakwah, juga penjuru dalam berbangsa dan bernegara sehingga Indonesia terjaga dengan suasana yang tenang dan teduh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.