Sukses

Sambut Ramadan, Unilever Indonesia Gandeng DMI Jalankan “Gerakan Masjid Bersih” Bersama Wipol

PT Unilever Indonesia Tbk. melalui brand Wipol dengan menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan, yaitu Gerakan Masjid Bersih (GMB) untuk mewujudkan masjid yang bersih dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan masjid merupakan prioritas yang harus diperhatikan dalam meraih ketenangan pikiran dan khusyuk dalam beribadah. Menyadari pentingnya hal itu sekaligus dalam menyambut Bulan Suci Ramadan, PT Unilever Indonesia Tbk. melalui brand Wipol dengan menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan, yaitu Gerakan Masjid Bersih (GMB) untuk mewujudkan masjid yang bersih dan nyaman.

Peluncuran Gerakan Masjid Bersih (GMB) tahun 2023 pun digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa, Rabu (15/3/2023). GMB 2023 bertujuan untuk memberikan perlindungan untuk menciptakan kenyamanan bagi umat Muslim dalam beribadah dan beraktivitas secara maksimal di bulan Ramadan melalui penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta materi edukasi terkait cara menjaga kebersihan.

Corporate Secretary and Director of Sustainability & Corporate Affairs Nurdiana Darus mengatakan bahwa perlindungan akan kebersihan dan higienitas masjid harus ditingkatkan.

“Melalui Gerakan Masjid Bersih yang secara konsisten digelar, kami berupaya untuk membantu menciptakan kenyamanan bagi umat Muslim dalam beribadah dan beraktivitas secara maksimal di bulan Ramadan melalui penyaluran produk dan perangkat kebersihan, serta materi edukasi terkait cara menjaga kebersihan di area masjid,” katanya.

“Inisiatif berkelanjutan ini menjadi wujud komitmen Unilever Indonesia melalui brand Wipol untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” imbuh Nurdiana Darus.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI), DR. H. Muhammad Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Bersih bukan hanya pada diri sendiri, tapi juga lokasi tempat seorang Muslim beribadah.

“Masjid merupakan tempat bersujud, sehingga menjaga kebersihannya sangatlah penting. Digelar sejak 2017 bersama Unilever Indonesia, Gerakan Masjid Bersih menjadi awal dari upaya bukan hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga menjadi upaya pendidikan di masjid bagi masyarakat khususnya takmir masjid terkait pentingnya menjaga kebersihan,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Titik Tolak Hadirkan Kesadaran Bebersih

Gerakan Masjid Bersih (GMB) baginya merupakan titik tolak sebagai upaya dalam menghadirkan kesadaran bebersih untuk masyarakat Indonesia, terkhusus mendidik masyarakat tentang bagaimana membersihkan masjid yang baik.

"Kalau berbicara Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid Al Azhar, atau masjid besar lainnya, itu sudah bagus, sudah bersih. Tapi beberapa masjid di luar itu perlu dikuatkan kebersihannya, yang mana menjadi bagian dari iman," kata Jusuf Kalla.

Ia pun turut berterima kasih atas kerja sama yang terus dibangun oleh Unilever Indonesia bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Unilever yang bergerak bersama DMI, telah membantu menjaga kebersihan tempat ibadah. Gerakan ini tentunya meningkatkan kebaikan bersama karena kebersihan merupakan sebagian dari iman, serta menjaga masjid menjadi area yang aman dan nyaman karena terjaga kebersihannya," imbuh JK.

3 dari 4 halaman

Jangkau Lebih dari 155 Ribu Masjid

Digelar sejak 2017 lalu, GMB telah menjangkau lebih dari 155.000 masjid dan menargetkan penambahan 20.000 masjid di 2023. Tak sampai di situ, di tahun 2023, Unilever Indonesia melalui Wipol kembali memperkuat inisiatif dan memberikan manfaat perlindungan lebih bagi puluhan ribu masjid lain di Indonesia. 

“Sehingga di 2023, kami menargetkan penyaluran hingga 175.000 paket kebersihan di 6 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ungkap Head of Home & Hygiene Unilever Indonesia, Anggya Kumala dalam sesi talkshow Gerakan Masjid Bersih, Rabu (15/3/2023).

Anggya juga mengatakan bahwa visi besar dari GMB untuk terus menjaga kebersihan area masjid, sejalan dengan visi Wipol sebagai brand untuk terus mempromosikan dan mendukung kebersihan dan higienitas di Indonesia. 

"Karenanya, menjaga kebersihan area lantai sangat penting agar ibadah dan aktivitas harian selama Ramadan bisa lebih nyaman. Sebagai brand karbol no. 1 di Indonesia, Wipol ingin ambil peran dalam menghadirkan ‘safe space to share’ atau area yang nyaman untuk berbagi, bagi seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya. Selain itu, GMB tahun ini terasa sedikit berbeda karena didukung oleh produk inovasi mutakhir dari Wipol yaitu Wipol Bioshield yang dapat memberikan proteksi higienis lebih lama dari biasanya, cegah kuman kembali sampai 3 hari.

Anggya berharap masyarakat dapat menjalani ibadah Ramadan dengan lebih aman dan nyaman baik di masjid ataupun di rumah, sehingga dapat meraih keberkahan yang lebih maksimal.

"Kami juga mengajak keterlibatan masyarakat luas, untuk bersama-sama menjaga kebersihan area masjid, karena menjaga dan memakmurkan masjid merupakan tugas kita bersama sebagai umat muslim. Semoga, upaya ini diridhoi oleh Allah SWT dan memberi kebaikan bagi kita semua, khususnya di bulan Ramadan yang penuh keberkahan," ajaknya.

4 dari 4 halaman

Jaga Kebersihan Masjid Hal yang Penting

Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Bidang Sosial dan Kemanusiaan, Drs H Andi Mappaganty, MM, mengatakan bahwa menjaga kebersihan masjid adalah hal yang sangat penting dan menjadi tanggung jawab kita semua selaku umat Muslim.

"Inisiatif Gerakan Masjid Bersih (GMB) yang dilakukan DMI bersama Unilever menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kebersihan dan perlindungan di Masjid, yang juga sejalan dengan visi misi DMI untuk memakmurkan dan memberdayakan Masjid untuk kesejahteraan umat dan bangsa," jelasnya.

Selama penyelenggaraannya, GMB telah memberikan dampak yang sangat positif. Selain meningkatkan kebersihan di masjid, gerakan ini juga membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan di Masjid.

"Saya berharap bahwa gerakan ini terus berlanjut untuk memberi manfaat kepada masjid-masjid lain dan menyebarkan kesadaran terkait pentingnya menjaga kebersihan di masjid kepada masyarakat yang lebih luas," harap Andi Mappaganty.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini