Sukses

Erick Thohir Copot Direktur Pertamina, Dianggap Langkah Tepat untuk Evaluasi

Buntut kebakaran Depo Pertamina Plumpang beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot salah satu direksi PT Pertamina (Persero). Adapun yang dicopot adalah Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang dijabat Dedi Sunardi.

Liputan6.com, Jakarta Buntut kebakaran Depo Pertamina Plumpang beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot salah satu direksi PT Pertamina (Persero). Adapun yang dicopot adalah Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang dijabat Dedi Sunardi.

Anggota Komisi VII DPR RI Abdul wahid memandang langkah Erick ini adalah tepat, dan dianggap sebagai bentuk evaluasi.

"Kalau menurut saya itu langkah yang bagus, efektif tapi bukan hanya sekedar memecat tetapi kan ada evaluasi. Sebaiknya memang setiap jabatan yang diberikan amanah itu harus ada yang namanya pakta integritas komitmen terhadap KPI kinerja," kata dia dalam keterangannya, Kamis (9/3/2023).

Politikus PKB ini menuturan, pihak yang diberikan amanah untuk menjalankan tugas-tugas perusahaan harus memiliki target yang diselesaikan setelah diangkat sumpah jabatan.

"Harus ada target menyelesaikan dan itu jika mereka tidak bisa menyelesaikan, beri waktu berapa lama mereka menyelesaikan ini," jelas Abdul.

Menurutnya, banyak pekerjaan di Pertamina yang sampai saat ini belum terselesaikan dengan baik, hingga harus ada komitmen dari para pemangku kebijakan di Pertamina. Oleh sebab itu, Erick Thohir selaku penanggung jawab utama harus tegas terhadap bawahannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Pertamina.

"Target Pertamina apa, Kalau Pak Erick Thohir mau menyelesaikan persoalan di Pertamina, dia buat apa saja master plannya sesuai dengan KPI-nya, mereka harus mencapai target kalau tidak mencapai target, ya siap-siap diganti," jelas Abdul.

Bahkan, dia menuturkan jika pemindahan Depo Pertamina Plumpang oleh pemerintah dianggap merupakan langkah yang baik, maka harus segera dilakukan.

"Kalau menurut saya pemindahan itu saya enggak tahu ya benar atau tidak solusinya, saya enggak tahu karena yang di lapangan kan mereka, namun kalau ini semua untuk perbaikan ya lebih baik ke depannya," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Pecat Direktur Pertamina

Menteri BUMN Erick Thohir mencopot salah satu direksi PT Pertamina (Persero). Direktur yang dicopot adalah Direktur Penunjang Bisnis Pertamina yang dijabat Dedi Sunardi.

Kabar pencopotan ini dibenarkan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. Dia juga menyebutkan sosok pengganti posisi tersebut.

"Pak Dedi Sunardi yang digantikan sebagai Direktur Penunjang Bisnis. Sementara ditugaskan kepada pak Erry Widiastono," kata dia kepada Liputan6.com, Rabu (8/3/2023).

Perihal pencopotan ini juga telah dibenarkan oleh VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Iya (penggantian per hari ini)," kata dia kepada Liputan6.com.

Fadjar mengatakan, untuk sementara posiis Direktur Penunjang Bisnis akan dirangkap oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono.

"Iya (ada penggantian direksi), dirangkap Pak Erry," urainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.